5 Klub yang Terlibat Rivalitas Tinggi, Nomor 1 Sering Bentrok

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 14 September 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 51 2277324 5-klub-yang-terlibat-rivalitas-tinggi-nomor-1-sering-bentrok-BFZmD6q0cs.jpg Laga Boca Juniors vs River Plate selalu sengit (Foto: FIFA)

RIVALITAS tidak pernah bisa dilepaskan dari dunia sepakbola. Penyebabnya bisa beragam, dimulai dari keberadaan di kota yang sama, hingga sejarah kelam berlatar politik. Yang pasti, rivalitas kedua kesebelasan kerap menjadi bumbu penyedap pertandingan.

Di dunia sepakbola ada adagium yang mengatakan, rivalitas hanya di atas lapangan, selebihnya kawan. Namun, ujar-ujar itu kerap tidak berlaku untuk sejumlah pertandingan bertensi tinggi berikut ini. Rivalitas tidak berhenti setelah wasit meniup peluit panjang.

Baca juga: 5 Pemain yang Hina Klub Setelah Putuskan Pindah

Perseteruan kadang berlanjut di luar lapangan, entah oleh kedua belah suporter, bisa juga dengan komentar-komentar sengit di media. Berikut daftar lima klub yang terlibat rivalitas tinggi, dirangkum dari Sportskeeda, Senin (14/9/2020).

5. Derby Milan

Laga yang juga bertajuk Derby Della Madoninna ini kerap menghadirkan tensi tinggi. Betapa tidak, lewat pertandingan ini, ditentukan siapa penguasa Kota Milan yang sesungguhnya. Stadion Giuseppe Meazza (San Siro) yang menjadi markas kedua tim, bagaikan sebuah medan perang.

Rivalitas kedua kesebelasan diawali dari ketidaksetujuan sejumlah anggota klub AC Milan pada 1908 akan hadirnya pemain-pemain asing. Mereka yang menghendaki hadirnya legiun asing lantas membentuk klub bernama Internazionale. Hingga kini, laga yang mempertemukan kedua klub selalu panas.

Laga AC Milan vs Inter Milan selalu panas (Foto: Inter Milan)

4. Olympiakos vs Panathinaikos

Laga ini kerap dijuluki sebagai pertempuran abadi. Kedua klub seakan menjadi representasi atau perwakilan dari dua kelas masyarakat yang berbeda. Olympiakos yang berada di Piraeus (pinggiran Athena), dianggap mewakili kelas pekerja, sementara Panathinaikos adalah wakil kelas borjuis.

Belakangan, rivalitas kedua klub sudah mulai mereda. Namun, tingkah hooligan alias pendukung garis keras, kerap membuat laga bertensi tinggi. Suporter kedua kesebelasan tidak ragu menyalakan cerawat atau flare guna menakuti lawan.

3. Fenerbahce vs Galatasaray

Gairah tinggi masyarakat Turki terharap sepakbola, tergambar jelas dalam rivalitas kedua kesebelasan. Kebetulan, keduanya berasal dari kota yang sama, yakni Istanbul. Akan tetapi, keduanya terpisahkan oleh Selat Bosphorus.

Fenerbahce berada di sisi Asia, sementara Galatasaray terletak di Istanbul yang masuk dataran Eropa. Tak pelak, laga kedua kesebelasan sering disebut Intercontinental Derby. Belum lagi, keduanya adalah klub tersukses di Turki sehingga rivalitas tinggi tidak terelakkan.

El Clasico sering berlangsung panas

2. El Clasico

Pertandingan yang satu ini tidak perlu lagi dijelaskan soal tensi tinggi. Latar belakang sejarah kelam mengiringi El Clasico. Barcelona dianggap sebagai representasi kaum pemberontak Catalunya yang ingin merdeka dari Spanyol, sedangkan Real Madrid adalah cerminan Kerajaan.

Rivalitas memang bermula pada 1902. Namun, pertemuan kedua tim mulai memanas usai Perang Saudara di Spanyol pada dekade 1930. Pemimpin gerakan fasis, Francisco Franco, melarang segala bentuk separatisme, yang ironisnya merupakan perjuangan utama publik Catalunya. Barcelona yang merupakan klub kebanggaan, dipandang sebagai ujung tombak perjuangan kemerdekaan itu.

1. Boca Juniors vs River Plate

Ini adalah partai paling panas di dunia. Lagi-lagi, perbedaan kelas di antara suporter kedua kesebelasan menjadi bumbu utama. Pertandingan yang biasa mengambil tempat di Buenos Aires ini dijuluki Superclasico.

Boca Juniors vs River Plate (Foto: Twitter/@CopaLibertadores)

Kedua kesebelasan tersukses di Argentina itu mungkin tidak seterkenal Barcelona atau Real Madrid. Namun, rivalitas Boca Juniors vs River Plate lebih panas dibandingkan El Clasico. Boca yang merupakan wakil kelas pekerja, merupakan klub paling didukung di Argentina, sementara sisanya adalah milik River Plate.

Boca Juniors masih memiliki rekor kemenangan lebih banyak dari rivalnya, yakni 89 berbanding 83. Namun, River Plate unggul jumlah gelar 36 berbanding 34. Yang jelas, setiap pertandingan selesai, bentrokan bisa saja muncul di Ibu Kota Argentina.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini