Olivier Giroud, Pelayan Baru Cristiano Ronaldo

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 51 2276216 olivier-giroud-pelayan-baru-cristiano-ronaldo-Mgfi46k38U.jpg Giroud merapat ke Juventus. (Foto: Twitter/@ChelseaFC)

TURIN Cristiano Ronaldo sempat memiliki tandem mematkan di lini depan Real Madrid, yakni Karim Benzema. Benz –sapaan akrab Benzema– memang memilki naluri gol yang tinggi.

Namun, kemampuan Benzema dalam membobol gawang lawan sedikit direm. Hal itu karena Benzema memiliki fungsi lain ketika masih berkolaborasi dengan Cristiano Ronaldo di lini depan Madrid.

Cristiano Ronaldo

(Ronaldo dan Benzema saat bekerja sama di Madrid)

Kala itu, fungsi utama Benzema adalah mengacaukan pertahanan lawan lewat pergerakan dengan atau tanpa bola. Fungsi yang dijalankan Benzema di atas membuka jalan Cristiano Ronaldo untuk membobol gawang lawan.

Tak heran sepanjang membela Madrid, Ronaldo tercatat enam kali menjadi top skor Liga Champions dan tiga kali keluar sebagai top skor Liga Spanyol. Karena itu, tak heran Cristiano Ronaldo saat ini masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Madrid, yakni dengan koleksi 450 gol dari 438 pertandingan di semua kompetisi.

Karena itu, ketika pindah ke Juventus pada musim panas 2018, Ronaldo berharap dapat menemukan pemain seperti Benzema. Hanya saja di dua musim awal membela Juventus, Ronaldo tidak mendapatkan pemain seperti Benzema.

Mario Mandzukic dan Gonzalo Higuain yang bergantian bertugas menjadi pelayan Ronaldo, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Ujung-ujungnya, Ronaldo gagal menjadi top skor Liga Italia dan Liga Champions (2018-2019 dan 2019-2020).

Namun, penantian Ronaldo akan pelayan berkualitas selangkah lagi akan tiba. Dalam waktu dekat Juventus akan mendatangkan penyerang Chelsea, Olivier Giroud. Giroud akan dikontrak dua tahun dengan gaji 4,5 juta euro di setiap musimnya.

BACA JUGA: Giroud Gabung Juventus, Cristiano Ronaldo dan Dybala Jadi Dimanjakan

Giroud memiliki pengalaman menjadi pelayan, tepatnya ketika membela Timnas Prancis di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018, Giroud diperankan sebagai penyerang utama. Tugas utama Giroud kala itu bukan mencetak gol, melainkan membuka ruang bagi pemain-pemain lain, terutama second striker dan winger.

Ketika turun di Piala Eropa 2016, jumlah gol Giroud yang berstatus sebagai penyerang masih kalah dari Antoine Griezmann. Ketika Giroud cuma mencetak tiga gol, Griezmann mengemas enam gol. Alhasil, Prancis finis sebagai runner-up Piala Eropa 2016 dan Griezmann keluar sebagai top skor.

Olivier Giroud

(Giroud bisa bantu Ronaldo cetak banyak gol)

Kemudian di Piala Dunia 2018, Giroud semakin mandul. Penyerang bertinggi badan 193 sentimeter itu sama sekali gagal mencetak gol.

Namun, pergerakan Giroud di kotak penalti lawan membuka ruang bagi pemain-pemain depan Prancis lainnya seperti Kylian Mbappe dan Griezmann. Baik Mbappe dan Griezmann sama-sama mencetak empat gol, sekaligus finis sebagai runner-up top skor.

Berkat bantuan dari nama-nama di atas, Les Bleus –julukan Prancis– pun menjadi juara Piala Dunia 2018 setelah di final menang 4-2 atas Kroasia. Karena itu, menarik menanti berapa gol yang dibuat Cristiano Ronaldo jika Giroud resmi gabung Juventus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini