Van Gaal Ragu Depay Cocok dengan Barcelona

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 51 2275962 van-gaal-ragu-depay-cocok-dengan-barcelona-znfyGZHA6j.jpg Memphis Depay dibidik Barcelona (Foto: UEFA)

AMSTERDAM – Nama Memphis Depay santer diberitakan merapat ke Barcelona pada musim panas 2020. Namun, eks juru taktik Blaugrana, Louis van Gaal, kurang yakin bekas anak asuhnya itu akan mampu beradaptasi dengan kehidupan baru di Stadion Camp Nou.

Ketertarikan Barcelona terhadap Memphis Depay tidak terlepas dari sang bos baru, Ronald Koeman. Pria berkebangsaan Belanda itu pernah bekerja sama dengan sang pemain di Tim Oranye pada 2018 hingga 2020. Selain itu, El Barca juga menginginkan seorang striker baru.

Hal itu tidak terlepas dari rencana klub mendepak Luis Suarez. Striker berjuluk El Pistolero itu memang sudah tidak masuk dalam skuad yang diinginkan Ronald Koeman. Kepergian Suarez menyediakan sebuah tempat kosong yang wajib diisi.

Baca juga: Menanti Kombinasi Messi, Depay, Griezmann dan Ansu Fati di Lini Depan Barcelona

Barcelona ingin melepas Luis Suarez

Sayangnya, Louis van Gaal tidak yakin Memphis Depay bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan Luis Suarez. Pemain berusia 26 tahun itu memang memiliki bakat besar. Akan tetapi, Depay bukan lah seorang Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.

“Selalu ada pertanyaan. Depay adalah pemain yang menarik, terutama ketika dia diberikan kebebasan untuk bermain. Namun, kita harus ingat, beradaptasi dengan budaya dan tim baru pada tahun pertama tidak lah mudah,” papar Louis van Gaal, dilansir dari Goal, Jumat (11/9/2020).

“Anda bisa melihat contohnya pada (Matthijs) de Ligt atau Frenkie de Jong. Depay memang berbakat, tetapi dia bukan Messi atau Ronaldo,” imbuh pria berjuluk Jenderal Tulip tersebut.

Pernyataan Louis van Gaal tersebut patut dicermati oleh Barcelona. Sebab, Memphis Depay gagal beradaptasi dengan baik ketika direkrut Manchester United dari PSV Eindhoven pada awal musim 2015. Sayangnya, selama dua tahun, ia hanya mengoleksi tujuh gol dalam 53 penampilan.

Perbedaan kultur antara Belanda dan Inggris, serta usianya yang masih muda, membuat Memphis Depay gagal beradaptasi dengan baik. Beruntung, performanya kembali ketika hengkang ke Olympique Lyon pada Januari 2017.

Memphis Depay sukses menyumbangkan 57 gol dan 43 assist dari 139 kali tampil untuk Les Gones. Catatan tersebut membuat Barcelona dan Ronald Koeman terpikat. Harga pasar pemain berdarah Senegal itu juga relatif murah, yakni 44 juta Euro (setara Rp782 miliar).

Kehadiran Memphis Depay akan membuat lini depan Barcelona kembali menakutkan. Trio Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Memphis Depay bakal membuat lawan segan. Apalagi, Ronald Koeman tahu betul bagaimana mengeluarkan kemampuan terbaik anak asuhnya itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini