Fakta-Fakta Sudirman, Pelatih Baru Persija Jakarta

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 49 2276509 fakta-fakta-sudirman-pelatih-baru-persija-jakarta-2Ke4vKiRYb.jpg Sudirman. (Foto/Persija Jakarta)

JAKARTA – Sudirman menjadi pelatih baru Persija Jakarta usai Sergio Farias terpaksa kembali ke negara asalnya, Brasil. Farias kembali ke Brasil karena anaknya terpapar virus corona membuat kerja sama keduanya berakhir.

Presiden Persija, Mohamad Prapanca mengungkapkan bahwa penunjukan Sudirman sebagai pelatih Persija sudah dalam pertimbangan. Berikut fakta-fakta pelatih anyar Persija menyadur laman Persija.

1. Dahulu semasa bermain, Sudirman bukan pemain yang biasa-biasa saja. Perannya bagi Timnas Indonesia bahkan pernah sampai membuatnya dipercayakan jabatan kapten tim. Perannya dahulu di Timnas Indonesia memang sungguh krusial. Ia pernah menjadi kapten tim dan tulang punggung kekuatan Timnas Indonesia. Bahkan, prestasi yang berhasil disumbangkan Sudirman untuk Timnas Indonesia sungguh menakjubkan. Ia berhasil membawa Timnas Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 1991 silam di Manila.

Foto/Persija Jakarta

2. Reputasinya sebagai pelatih ternyata sudah mengudara cukup lama di kancah persepakbolaan Indonesia. Sudirman pun pernah pengalaman melatih tim-tim muda. Sudirman pernah menjadi asisten pelatih untuk Timnas Indonesia U-16 pada 2006 silam. Setahun berikutnya, ia naik tingkat dengan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-19.

Baca juga: Wasit Liga 1 2020 Akan Diberikan Dua Teknologi Baru

3. Ia juga pernah sukses menangani tim Persija Jakarta U-19 di 2018. Saat itu the Young Tiger dibawanya hingga partai final Liga 1 U-19. Setahun kemudian ketika menangani Persija U-20 ia timnya tidak terkalahkan selama babak penyisihan Grup A Liga 1 U-20. Hal ini yang membuatnya diangkat menjadi asisten pelatih di tahun 2019.

4. Sudirman dinilai mempunyai nilai lebih seperti pengalaman, kepemimpinan, dan kedekatan dengan para pemain Persija. Lelaki asal Pekanbaru itu sudah menjadi asisten pelatih Persija sejak era Benny Dolo, Iwan Setiawan, hingga pada musim 2019 lalu mendampingi Edson Tavares.

5. Sudirman pernah menjadi pelatih kepala Persija pada tahun 2019 ketika tim berjuluk Macan Kemayoran belum memiliki pelatih tetap sepeninggal Julio Banuelos. Ketika itu, debut dia membawa Persija menang 1-0 atas Barito Putera di Liga 1.

(Ram)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini