Berdasarkan Skuad Terkini, Ini Formasi Barcelona Musim 2020-2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 46 2275425 berdasarkan-skuad-terkini-ini-formasi-barcelona-musim-2020-2021-7X83q33Wt1.jpg Skuad Barcelona saat menjalani latihan. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA – Selain Miralem Pjanic, Barcelona baru mendatangkan dua pemain muda pada bursa transfer musim panas 2020. Mereka ialah Francisco Trincao dan Pedri.

Meski begitu, tidak sampai di situ pergerakan transfer Barcelona pada musim panas 2020. Manajemen Barcelona membidik sejumlah nama, dua di antaranya adalah Memphis Depay (Olympique Lyon) dan Georginio Wijnaldum (Liverpool).

Georginio Wijnaldum

(Wijnaldum (paling kiri) dibidik Barcelona)

Namun, bagaimana jika Barcelona gagal mendatangkan dua nama di atas? Pola apa yang digunakan pelatih Barcelona, Ronald Koeman nantinya?

Ada Depay dan Wijnaldum atau tidak, Koeman diprediksi tetap menggunakan pola 4-2-3-1. Pola itu diprediksi masih bisa berjalan optimal dengan skuad yang dimiliki Barcelona saat ini.

Untuk posisi penjaga gawang, Marc-Andre ter Stegen masih dipercaya mengawal gawang Barcelona. Kemudian, empat bek sejajar dipercayakan kepada Nelson Semedo, Clement Lenglet, Gerard Pique dan Jordi Alba.

BACA JUGA: Menanti Kombinasi Messi, Depay, Griezmann dan Ansu Fati di Lini Depan Barcelona

Bagaimana dengan pengisi dua gelandang pivot? Miralem Pjanic dan Frenkie de Jong akan dipercaya di posisi tersebut. Hal itu berarti, Sergio Busquets harus rela terpental dari status reguler, posisi yang diembannya sejak 2009-2010.

Bagaimana dengan pengisi winger? Winger kanan diisi Ousmane Dembele, sedangkan Ansu Fati beroperasi di sisi sebelahnya. Untuk Lionel Messi, ia akan berperan sebagai second striker, mendukung penyerang tunggal Antoine Griezmann.

Ansu Fati

(Ansu Fati bisa jadi andalan Barcelona)

Akan tetapi, komposisi di atas masih bisa berubah seiring perkembangan transfer Barcelona pada musim panas 2020. Jika Wijnaldum dan Depay datang, Griezmann dan Dembele kemungkinan terpental dari posisi yang kini ditempatinya.

Nantinya, Wijnaldum akan berperan sebagai second striker, posisi yang sebelumnya ditempati Messi. Lantas, bagaimana dengan Messi? La Pulga –julukan Messi– akan beroperasi di posisi winger kanan.

Sementara itu, Depay akan beroperasi di posisi penyerang tengah. Untuk Depay, ia memang jarang mentas di posisi penyerang tengah bersama klubnya saat ini, Lyon. Namun, Depay sering dimainkan di posisi penyerang tengah ketika berseragam Timnas Belanda.

Berikut prakiraan formasi Barcelona musim 2020-2021:

(4-2-3-1): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; De Jong, Pjanic; Dembele, Ansu Fati, Messi; Griezmann.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini