Share

Kalah Telak dari Kroasia, Timnas Indonesia U-19 Langsung Introspeksi Diri

Hendry Kurniawan, Okezone · Rabu 09 September 2020 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 51 2274757 kalah-telak-dari-kroasia-timnas-indonesia-u-19-langsung-introspeksi-diri-LZ0LqUvoHk.jpg Pemain Timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa (Foto: PSSI)

CAKOVEC – Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan telak dengan skor 1-7 saat berhadapan dengan Kroasia di pertandingan kedua HNS Cup. Kekalahan menyakitkan ini tak ayal membuat para penggawa Garuda Nusantara merasa kecewa.

Indonesia sebenarnya mampu tampil apik di babak pertama. Suad besutan Shin Tae-yong itu beberapa kali menciptakan peluang yang membahayakan gawang Kroasia. Seperti yang terjadi pada menit ke-11 saat sepakan Irfan Jauhari mengenai mistar gawang tim lawan.

Kendati demikian, harus disayangkan karena kemudian Kroasia mampu mengambil alih permainan dan membuat Indonesia terkurung. Hasilnya, tujuh gol pun bersarang ke dalam gawang yang dijaga oleh Muhammad Adi Satryo.

Baca juga: Takluk 1-7 dari Kroasia, Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-19 Berbenah

Timnas Indonesia U-19

Gol semata wayang Indonesia dilesakkan oleh Bagas Kaffa pada menit ke-72 lewat sepakan first time. Itu adalah gol pertama bagi Timnas Indonesia U-19 di ajang HNS Cup setelah dua kali bertanding.

Pada pertandingan pertama, Indonesia dibuat menyerah dengan skor 0-3 dari Bulgaria. Ditambah dengan kekalahan dari Kroasia ini, maka Garuda Nusantara telah kebobolan 10 kali dan baru mencetak satu gol.

Bagas tidak memungkiri bahwa dirinya kecewa dengan kekalahan telak ini. Meski begitu, ia dan rekan-rekannya tak ingin berlama-lama terpuruk. Menurutnya, penting untuk segera melakukan instropeksi dan evaluasi agar bisa tampil lebih baik di pertandingan berikutnya.

"Kami akan evaluasi, apa yang menjadi kekurangan kami kurang di permainan tadi. Kami bertekad agar bermain lebih baik lagi untuk laga selanjutnya," ujar Bagas, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (9/9/2020).

Sementara itu, Shin Tae-yong sendiri tidak terlalu memusingkan kekalahan telak yang didapat Indonesia. Karena menurutnya Indonesia masih berproses. Ia yakin seiring berjalannya waktu penampilan Garuda Nusantara akan membaik setelah digembleng dengan latihan intensitas tinggi.

Skuad Timnas Indonesia U-19 ini sejatinya dipersiapkan untuk tampil dalam gelaran Piala Asia 2020. Maka dari itu, Shin Tae-yong ingin timnya melakukan pertandingan uji coba dengan lawan-lawan tangguh guna mengasah skill dan mental bermain.

Berikutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Arab Saudi di pertandingan pamungkas HNS Cup. Laga tersebut akan dimainkan di Sveti Martin na Muri pada Jumat 11 September 2020 malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini