5 Gelandang Hebat yang Dipandang Sebelah Mata, Nomor 2 Incaran Liverpool

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 51 2268573 5-gelandang-hebat-yang-dipandang-sebelah-mata-nomor-2-incaran-liverpool-WXy6Y2qBnn.jpg Leon Goretzka (Foto: @FCBayern/Twitter)

SEPAKBOLA memang olahraga yang sangat berorientasi pada serangan. Maka dari itu, tidak heran jika sejumlah pemain berposisi penyerang seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, hingga Luis Suarez memiliki popularitas yang lebih tinggi.

Meski begitu bukan berarti pemain-pemain berposisi lain tidak memiliki peran vital dalam sebuah permainan sepakbola, terutama gelandang. Ya, posisi gelandang sejatinya sangat penting dalam sejumlah gaya bermain yang dianut dalam sepakbola.

Akan tetapi dari sejumlah pemain berposisi gelandang, banyak di antara mereka yang justru dipandang sebelah mata. Setidaknya ada lima pemain gelandang yang kurang begitu mendapatkan apresiasi dari pecinta sepakbola dunia.

Berikut lima pemain gelandang hebat yang justru dipandang sebelah mata:

5. Leon Goretzka (Bayern Munich)

Leon Goretzka

Belakangan Goretzka memang menarik perhatian dengan perubahan bentuk fisiknya yang kini menjadi lebih kekar. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa kekuatan utama Goretzka sebagai pemain tengah bukan fisik, melainkan visi bermainnya.

Ya, sejak bergabung dengan skuad Bayern Munich pada musim panas 2018 dari Schalke 04, Goretzka memang menjelma sebagai pemain vital dalam permainan Die Roten –julukan Bayern. Goretzka sendiri belum lama ini baru saja membawa Bayern keluar sebagai jawara Liga Champions 2019-2020.

4. Mikel Merino (Real Sociedad)

Mikel Merino

Banyak sebagian besar pecinta sepakbola yang asing dengan nama Merino. Terlebih, Merino memang acap kali gagal bersinar kala membela tim-tim papan atas. Ya, Merino memang sempat mencoba peruntungan dengan membela Borussia Dortmund dan Newcastle United.

Akan tetapi kiprah Merino bersama kedua klub itu gagal berakhir manis. Potensi terbaik Merino justru muncul kala ia membela Real Sociedad. Ya, bersama Sociedad pemain berusia 24 tahun tersebut benar-benar jadi sosok vital. Bahkan Merino sendiri diproyeksikan masuk dalam 11 pemain inti tim nasional (Timnas) Spanyol di bawah asuhan Luis Enrique.

3. Luis Alberto (Lazio)

Luis Alberto

Alberto memang berkesempatan membela Liverpool selama tiga musim. Namun kiprah Alberto bersama Liverpool jauh dari kata sukses. Alberto pun akhirnya memilih hengkang ke Lazio pada bursa transfer musim panas 2016.

Pada awalnya Alberto memang gagal menunjukkan performa menjanjikan bersama Lazio, namun seiring berjalannya waktu ia mampu tampil menawan. Bahkan Alberto menjadi salah satu sosok vital dalam permainan Lazio di musim 2019-2020 bersama Sergej Milinkovic-Savic.

2. Thiago Alcantara (Bayern Munich)

Thiago Alcantara

Dengan status jebolan akademi La Masia dan sempat membela tim utama Barcelona, tak membuat banyak pihak mengenal seperti apa kualitas yang dimiliki oleh Thiago. Padahal beberapa pengamat serta pemain legendaris acap kali melemparkan pujian terhadap kemampuan yang dimiliki oleh Thiago.

Visi bermain dan akurasi umpan menjadi kekuatan utama Thiago sebagai pemain tengah. Maka dari itu, tak heran jika Thiago mempunyai peran begitu vital di balik keberhasilan Bayern Munich menjuarai Liga Champions 2019-2020. Hal itu jugalah yang membuat Liverpool kepincut untuk bisa meminangnya pada bursa transfer musim panas 2020.

1. Georginio Wijnaldum (Liverpool)

Georgino Wijnaldum

Pemain dengan status underrated terbaik memang tak pernah lepas dari diri Wijnaldum. Sejak membela Newcastle United hingga kini berseragam Liverpool, kualitas Wijnaldum memang acap kali dipandang sebelah mata.

Padahal jika melihat dari kesuksesan-kesuksesan yang ditorehkan Liverpool dalam dua musim terakhir, Wijnaldum sejatinya mempunyai peran vital. Ya, Wijnaldum sukses menggemban tanggung jawab sebagai seorang playmaker serta gelandang jangkar sekaligus di lini Liverpool.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini