Luis Garcia Sarankan Barcelona untuk Tetap Percaya pada Setien

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 04:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 46 2258296 luis-garcia-sarankan-barcelona-untuk-tetap-percaya-pada-setien-IVi7WSmqtd.jpeg Quique Setien dan para pemain Barcelona (Foto: Facebook Barcelona)

MADRID – Mantan pemain tim nasional (Timnas) Spanyol, Luis Garcia, memberikan komentar soal kiprah Quique Setien sebagai pelatih Barcelona. Garcia menaruh keyakinan bahwa Barca bisa sukses di bawah naungan Setien, jika mereka bisa lebih bersabar sedikit.

Sebagaimana diketahui, Setien sendiri resmi ditunjuk sebagai pelatih Barca pada awal tahun ini. Manajemen Barca memberikan jabatan pelatih klub mereka kepada Setien untuk menggantikan peran Ernesto Valverde yang dinilai gagal.

Akan tetapi bersama Setien, Barca tidak mengalami perubahan yang signifikan. Bahkan Blaugrana –julukan Barca– tampaknya sudah hampir bisa dipastikan gagal mempertahankan gelar juara La Liga Spanyol di musim 2019-2020.

Quique Setien

Pasalnya, Barca sendiri saat ini terpaut empat poin dari rival abadi mereka, yakni Real Madrid. Skuad Los Blancos –julukan Madrid– sendiri pada saat ini hanya membutuhkan tambahan tiga poin lagi untuk bisa mengunci gelar La Liga Spanyol 2019-2020.

Kegagalan tersebut pun berdampak terhadap masa depan Setien sebagai pelatih Barca. Terlebih beberapa waktu lalu, rezim Setien sendiri Barca dihantam sejumlah masalah, termasuk perpecahan di skuad asuhannya itu.

Baca Juga: Messi Dirumorkan ke Inter Milan, Bartomeu: Ia Pensiun di Barcelona!

Ya, para pemain senior Barca seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Sergio Busquets, dan Gerard Pique disebut-sebut sudah tidak menaruh kepercayaan lagi akan kualitas Setien sebagai pelatih. Bahkan mereka kabarnya sudah meminta Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, untuk mendepak Setien dalam waktu dekat ini.

Garcia yang sempat membela Barca pun lantas memberikan pandangan soal kiprah Setien sebagai nahkoda klub yang bermarkas di Estadio Camp Nou tersebut. Garcia menyarankan agar manajemen Barca tak terburu-buru untuk memecat Setien sebagai pelatih mereka.

“Memang Barcelona pada saat ini tidak bermain dengan baik. Akan tetapi saya melihat apa yang terjadi di Barcelona saat ini adalah mutlak kesalahan dari Setien seorang,” ucap Garcia, seperti dilaporkan oleh Marca, Jumat (7/8/2020).

“Barcelona sedang beradaptasi dengan Quique Setien, karena di era Valverde Barcelona memainkan sepakbola yang mengandalkan penguasaan bola dengan transisi cepat sementara Setien lebih menahan bola, mencoba untuk membuat tim lawan kelelahan,” sambungnya.

Baca Juga: Kepindahan Lionel Messi ke Inter Milan Bukan Hal Mustahil Terjadi

“Kita semua ingin melihat Barcelona memainkan sepakbola yang indah, di mana kita sudah terbiasa melihat Barcelona bermain dengan indah di masa lalu seperti Tiki-Taka, namun masa itu sudah lama berlalu. Pada saat itu ada banyak pemain spesial di tim ini, seperti Xavi dan Iniesta.”

“Sekarang yang terpenting bagi mereka [Barcelona] adalah beradaptasi dengan pelatih baru tanpa kehilangan filosofi mereka. Mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik di pra musim untuk memenangkan liga musim depan,” tutup pria berusia 42 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini