Liverpool dinilai Tidak Butuh Beli Pemain Mahal

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 45 2258311 liverpool-dinilai-tidak-butuh-beli-pemain-mahal-MTsWwt22d6.jpg Para pemain Liverpool (Foto: Liverpool)

LONDON – Legenda Liverpool, John Barnes, memberikan saran kepada manajemen eks klubnya itu untuk tidak ikut-ikutan klub lain menghambur-hamburkan uang banyak demi membeli pemain. Sebab bagi Barnes, Liverpool kini telah mempunyai skuad mumpuni, sehingga tak perlu membeli pemain mahal.

Sebagaimana diketahui, Liverpool memang sempat berstatus sebagai salah satu klub yang acap kali menggelontorkan dana besar demi mendapatkan pemain incarannya. Hal tersebut terbukti kala Liverpool merekrut Virgil van Dijk dari Southampton pada bursa transfer musim dingin 2018.

Hanya berjarak enam bulan, Liverpool kembali melakukan megatransfer ketika memutuskan merekrut Alisson Becker. Ya, pada saat itu manajemen Liverpool harus menggelontorkan dana sebesar 62 juta euro atau sekira Rp1 triliun.

Liverpool

Selain kedua nama di atas, manajemen Liverpool juga beberapa kali melakukan transfer sejumlah pemain dengan nominal yang bisa dikatakan cukup mahal. Beberapa nama yang dimaksud adalah Mohammed Salah, Sadio Mane, Fabinho, hingga Divock Origi sebagai pemain-pemain yang direkrut Liverpool dengan harga lebih tinggi dari harga pasarnya.

Beruntung sebagian besar pemain yang direkrut Liverpool tersebut berhasil menunjukkan performa gemilang. Ya, nama-nama tersebut berhasil membawa Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019 serta Liga Inggris 2019-2020.

Baca Juga: Chelsea dan Man City Datangkan 2 Pemain Baru, Man United dan Liverpool Kapan?

Kini ketika para pesaing berlomba-lomba menggelontorkan dana besar demi merekrut pemain incarannya, Liverpool disarankan untuk tak perlu ikut-ikutan. Sebab menurut Barnes, Liverpool tidak butuh membeli pemain dengan harga besar, lantaran sudah punya skuad yang menjanjikan saat ini.

“Liverpool tak ingin membeli (Kylian) Mbappe, (Lionel) Messi, atau (Cristiano) Ronaldo atau siapa pun yang datang dan berkata, 'Saya ingin bermain di tim', karena mereka tahu 11 pemain terbaik mereka, terutama trio lini depan,” jelas Barnes, seperti disadur dari Liverpool Echo, Jumat (7/8/2020).

“Mereka akan perlu mengganti pemain tertentu jika mereka pergi, dan tidak dengan pemain berharga 100 juta pounds atau bergaji 200 ribu pounds per pekan, karena ada pemain yang bisa datang dan melengkapi skuad yang sudah cukup bagus untuk bermain terus-menerus,” lanjutnya.

“Seperti yang sudah kita lihat ketika Xherdan Shaqiri dan Divock Origi serta pemain seperti Takumi Minamino datang. Saya merasa bahwa itu yang bakal dilakukan oleh (Jurgen) Klopp.”

Baca Juga: Mental Liverpool Akan Tetap Sama pada Musim Depan

“Jika ada pemain pergi maka Anda harus mengganti mereka untuk membuat skuad bagus, Liverpool memiliki Curtis Jones, Rhys Williams, Harvey Elliott dan pemain muda lainnya, tetapi saya rasa mereka butuh pengalaman lebih banyak.”

“Jika tak ada pemain yang pergi maka Liverpool tak perlu merekrut banyak pemain, skuad yang ada sudah besar dan cukup kuat, tetapi di sepak bola, Anda bisa kehilangan pemain dengan sangat cepat dan Anda harus memiliki rencana mendadak untuk mengganti mereka,” tutup pria berusia 56 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini