Barcelona Tidak Akan Pecat Setien pada Akhir Musim Ini

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 46 2256111 barcelona-tidak-akan-pecat-setien-pada-akhir-musim-ini-VQAIaxNy4a.jpg Quique Setien (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA – Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, menyatakan masa depan sang Pelatih, Quique Setien, di Camp Nou masih aman. Bartomeu menegaskan Setien dikontrak untuk menjadi otak strategi Barcelona pada musim ini dan musim depan.

Sebagaimana diketahui, masa depan juru taktik berpaspor Spanyol itu jadi pertanyaan setelah Liga Spanyol 2019-2020 berakhir. Bagaimana tidak, Setien gagal membawa Barcelona menjuarai Liga Spanyol.

Josep Maria Bartomeu dan Quique Setien (Foto: Barcelona)

Barcelona harus rela melihat rival abadi mereka, Real Madrid, menjadi kampiun Liga Spanyol. Barcelona menuntaskan Liga Spanyol di posisi kedua dengan koleksi 82 poin. Blaugrana –julukan Barcelona– tertinggal lima poin dari Madrid pada klasemen akhir.

Kegagalan itu begitu menyakitkan untuk Barcelona dan para penggemarnya. Sebab, Barcelona menempati posisi pertama sebelum penangguhan. Kegagalan di Liga Spanyol memicu isu pemecatan mantan arsitek Real Betis tersebut.

BACA JUGA: Quique Setien Dipecat jika Barcelona Gagal Juara Liga Champions 2019-2020

Namun, Bartomeu tidak mau memecat Setien sekarang. Menurut Presiden Barcelona itu, tidak adil untuk memecat Setien karena ia baru beberapa bulan menangani Barcelona dan melatih di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

“Dia memiliki kontrak (hingga 30 Juni 2022). Ketika kami merekrutnya, kami menjelaskan bahwa itu adalah proyek untuk musim ini dan selanjutnya. Sulit untuk mengevaluasi pelatih setelah beberapa bulan di tengah pandemi,” kata Bartomeu, menyadur dari Sport, Senin (3/8/2020).

Setelah mendapatkan kejelasan terkait masa depannya, Setien harus fokus ke Liga Champions musim ini. Sebab, Liga Champions adalah kompetisi yang tersisa bagi Barcelona untuk dijuarai.

Trofi Liga Champions akan menyelamatkan musim Barcelona. Akan tetapi, menjuarai Liga Champions tidaklah mudah. Perjalanan Barcelona pun masih sangat jauh. Lionel Messi dan kawan-kawan baru menapaki leg I babak 16 besar. Napoli jadi lawan Barcelona pada babak tersebut.

Barcelona meraih hasil imbang 1-1 kontra Napoli pada leg I di Stadio San Paolo. Hasil itu membuat Barcelona memiliki keunggulan gol tandang, sehingga hanya butuh kemenangan 1-0 di Camp Nou untuk lolos ke perempatfinal.

Namun, menang atas Napoli yang sedang dalam tren positif tidaklah mudah. Barcelona harus tampil maksimal jika tidak mau Camp Nou jadi kuburan mereka pada Minggu 9 Agustus 2020 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini