Arteta Jadi Pelatih Spanyol Keempat yang Berhasil Juarai Piala FA

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 45 2255571 arteta-jadi-pelatih-spanyol-keempat-yang-berhasil-juarai-piala-fa-tsK8sfYOLH.jpg Pierre-Emerick Aubameyang dan Mikel Arteta (Foto: Twitter/Arsenal)

LONDON – Mikel Arteta baru saja membawa Arsenal meraih gelar juara Piala FA 2019-2020. Pencapaian tersebut menjadikan Arteta sebagai pelatih Spanyol keempat yang pernah meraih gelar juara di ajang kompetisi sepakbola tertua di tanah Britania Raya itu.

Melansir dari laman BBC Sport, Minggu (2/8/2020), sebelum Arteta meraihnya musim ini, ada tiga nama pelatih Spanyol lain yang lebih dulu berhasil meraih gelar juara Piala FA.

Mereka adalah Rafael Benitez, Roberto Martinez dan Josep Guaridiola. Benitez meraih gelar juara pada 2011-2012 saat menangani Chelsea. Satu musim berikutnya Roberto Martinez mengantarkan Wigan Athletic menjadi juara usai menang dramatis atas Manchester City di partai final.

Baca juga: Arsenal vs Chelsea, Aubameyang: Kami Pantas Menang!

Setelah jeda cukup lama, Josep Guardiola menjadi pelatih Spanyol ketiga yang meraih gelar juara Piala FA pada musim 2018-2019. Guardiola mengantarkan Man City menang besar 6-0 atas Watftorf saat tampil di laga puncak.

Menariknya, saat itu Arteta menjabat sebagai asisten pelatih Guardiola di Man City. Musim ini, pelatih 38 tahun itu kembali meraih gelar serupa saat dirinya menjabat sebagai pelatih di im Meriam London.

Piala FA sendiri pertama kali diselenggarakan pada musim 1871-72. Turnamen ini terbuka untuk semua tim yang berlaga di Liga Primer, Football League, Football Conference dan klub-klub Step 3-5 serta beberapa klub Step 6 terpilih dari Sistem Liga Nasional.

Sejauh ini Arsenal menjadi tim tersukses di ajang Piala FA dengan mengoleksi 14 kali gelar juara. Tidak hanya itu, The Gunners -julukan Arsenal- juga menjadi klub yang paling sering tampil di final Piala FA yakni sebanyak 19 kali.

Gelar ke-14 Arsenal diraih usai mereka berhasil mengalahkan Chelsea pada partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu 1 Agustus malam WIB. Pada laga tersebut Arsenal menang tipis dengan skor akhir 2-1.

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pahlawan timnya dengan torehan dua gol ke gawang Chelsea. Sementara The Blues hanya berhasil menyarangkan satu gol lewat aksi Christian Pulisic di awal babak pertama.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini