Dua Pemain Naturalisasi Indonesia yang Pilih jadi Mualaf

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 51 2254923 dua-pemain-naturalisasi-indonesia-yang-pilih-jadi-mualaf-WUpLzZ6ock.jpg Diego Michiels (Foto: Instagram)

JAKARTA – Kompetisi sepakbola di Indonesia cukup familiar dengan kedatangan pemain asing. Tidak sedikit bahkan klub-klub peserta yang rela menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk mendatangkan pemain dari negara luar yang dinilai punya kualitas baik.

Seiring berjalannya waktu, para pemain asing pun mulai beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Selain adat istiadat, kehidupan mereka juga dekat dengan m masyarakat Tanah Air yang mayoritas memeluk agama Islam.

Tidak sedikit dari mereka bahkan yang akhirnya memilih untuk menjadi mualaf. Secara harfiah, mualaf sendiri merupakan sebutan bagi orang non-muslim yang mempunyai harapan masuk agama Islam atau orang yang baru masuk Islam.

Baca juga: 5 Cerita Pesepakbola Top yang Putuskan Jadi Mualaf

Salah satunya pemain naturalisasi yang memutuskan untuk berpindah keyakinan memeluk agama islam adalah Diego Michiels. Diego bahkan belakangan ini diketahui memantapkan diri untuk berhijrah.

Eks penggawa Mitra Kukar itu menjadi mualaf pada 2013. Diego sudah mulai mempelajari agama Islam sejak dirinya masih tinggal di Belanda. Pada 2013, ia akhirnya memantapkan diri untuk memeluk agama Islam.

Setelah menjadi mualaf, Diego pun mengubah namanya menjadi Diego Muhammad Bin Robbie Michiels. Selain Diego, pemain naturalisasi Indonesia lainnya yang akhirnya memutuskan untuk mualaf adalah Silvio Escobar.

Berstatus pemain naturalisasi, Escobar kini memperkuat Tira Persikabo di Liga 1 2020. Pemain berdarah Paraguay itu memutuskan untuk memeluk Islam pada 2014 setelah melalui perjalanan yang cukup panjang.

Escobar juga mengaku sempat kesulitan untum menahan rasa lapar dan haus ketika mejalani ibadah puasa di bulan Ramadhan pertamanya pada 2017 lalu. Namun demikian, pemain 34 tahun itu akhirnya mulai terbiasa dan menikmati dirinya sebagai seorang muslim.

Setelah memperkuat Persija Jakarta, musim ini Escobar bermain untuk TIRA Persikabo. Penyerang kelahiran Asunclon, 18 Juli 1986 itu telah menyumbangkan satu gol dari dua penampilannya. Sayang, kompetisi sepakbola harus terhenti akibat pandemi virus corona.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini