5 Cerita Pesepakbola Top yang Putuskan Jadi Mualaf

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 51 2253188 5-cerita-pesepakbola-top-yang-putuskan-jadi-mualaf-5Wjxmyh2cv.jpg Eric Abidal putuskan jadi mualaf pada 2007. (Foto: Istimewa)

SEJUMLAH pesepakbola memutuskan menjadi mualaf. Sejumlah alasan melatarbelakangi si pemain hingga akhirnya memilih menjadi mualaf.

Salah satu pesepakbola top yang memutuskan menjadi mualaf adalah gelandang Manchester United, Paul Pogba. II Polpo –julukan Pogba–memutuskan menjadi mualaf setelah mendapatkan ketenangan dalam hidup ketika belajar mendalami agama Islam. Selain Pogba, siapa saja pesepakbola top memutuskan menjadi mualaf?

Berikut 5 cerita pesepakbola yang putuskan jadi mualaf?

5. Franck Ribery

Ribery

(Ribery (paling kiri), saat menjalani ibadah umrah)

Siapa yang tidak kenal Ribery? Winger berpaspor Prancis itu pernah berstatus sebagai salah satu winger kiri terbaik pada masanya. Ketika berseragam Bayern Munich dari 2007-2019, Ribery sukses besar dengan menghadirkan 23 trofi bagi publik Stadion Allianz.

Namun, Ribery memutuskan menjadi mualaf jauh sebelum bersinar bersama Die Roten –julukan Bayern. Ribery memutuskan menjadi mualaf pada 2002, atau tak lama setelah mempersunting sang istri yang berpaspor Aljazair, Wahiba Belhami. Sejak saat itu, Ribery menambah kata “Bilal” di dalam namanya.

“Agama adalah hal pribadi bagi saya. Saya orang yang percaya dan sejak pindah ke Islam saya lebih kuat, baik mental maupun fisik. Agama tidak mengubah jati diri dan persepsi saya terhadap dunia. Saya berdoa lima kali sehari, saya lakukan itu agar terbebas dan saya merasa lebih baik setelah itu," kata Ribery.

4. Eric Abidal

Eric Abidal

(Abidal (kiri), mantan pemain andalan Barcelona)

Abidal merupakan bek andalan Barcelona dari 2007-2013. Bahkan berkat sumbangsihnya sebagai pemain, Abidal mendapat jabatan strategis di tubuh Blaugrana, yakni menjadi Direktur Olahraga Barcelona.

Abidal yang dulunya bisa diperankan sebagai fullback kiri dan bek tengah, memutuskan menjadi mualaf pada 2007, atau sebelum menikah dengan sang istri yang berasal dari Aljazair, Heyet Kebir. Namun, Abidal tak mau jika disebut pindah agama karena pengaruh sang istri.

BACA JUGA: 4 Mantan Pemain Persib yang Putuskan Jadi Mualaf, Nomor 1 Eks Mesin Gol Timnas Indonesia

“Semua prosesnya natural. Memilih pindah ke Islam bukan karena istri saya, tapi hadiah yang tiba-tiba muncul. Itu benar-benar terjadi bagi saya. Mengikutinya dan membuat saya sangat senang. Saya memeluk Islam dengan sepenuh hati saya," kata Abidal.

3. Nicolas Anelka

Anelka

Terhitung sejak 1995, Nicolas Anelka memutuskan menjadi mualaf. Sejak saat itu, Anelka yang berpaspor Prancis memiliki nama Islam yakni Abdul-Salam Bilal. Anelka sendiri sama sekali tidak menyesal memilih Islam sebagai agamanya.

"Saya merasakan hubungan dengan Tuhan dan itu mencerahkan hidup saya. Saya bangga menjadi muslim, agama penuh kedamaian dan saya belajar banyak dari Islam," kata Anelka yang pernah membela sejumlah klub top Eropa seperti Real Madrid, Liverpool, Chelsea, Arsenal dan Juventus.

2. Paul Pogba

Pogba

Pogba memutuskan menjadi mualaf pada medio 2012, atau di masa-masa awal membela Juventus. Ia mengaku menjadi mualaf karena merasa tenang semenjak memeluk agama Islam.

“Bagi saya, Islam benar-benar agama yang membuka pikiran dan itu membuat saya menjadi orang yang lebih baik. Saya menghormati apa pun agama Anda, apa pun warna kulitnya, dan hal-hal lainnya. Itulah Islam, penghormatan terhadap kemanusiaan dan segalanya," kata Pogba dalam wawancara di LifeTime podcast medio tahun lalu.

1. Frederico Chaves Guedes (Fred)

Frederico Chaves

Nama Fred memang tidak sebesar penyerang-penyerang kenamaan asal Brasil seperti Ronaldo Luis maupun Romario Faria. Namun, Fred yang berambut kribo pernah mendapat kepercayaan dengan mentas sebagai penyerang andalan Tim Nasional Brasil di Piala Dunia 2014.

Jauh sebelum Piala Dunia 2014, Fred sempat masuk skuad Brasil untuk Piala Dunia 2006. Kala itu, Fred hanya diperankan sebagai penyerang pelapis dari Adriano Leite Riberio dan Ronaldo Luis.

Meski hanya diperankan sebagai pemain cadangan, Fred tetap tampil maksimal saat diturunkan. Ketika Brasil menang 2-0 atas Australia di matchday ketiga Grup F Piala Dunia 2006, Fred menunjukkan dirinya beragama Islam. Setelah mencetak gol, selebrasi Fred yang menirukan orang bersujud mengentak pencinta sepakbola dunia.

Pria yang terkenal dengan rambut gimbalnya itu memilih menjadi mualaf pada 2006. Saat itu, Fred memilih menjadi mualaf ketika membela klub asal Prancis, Olympique Lyon. Sekadar informasi, masyarakat Kota Lyon banyak beragama Islam. Bahkan, beberapa rekannya seperti Karim Benzema diketahui juga beragama Islam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini