Man City Tebus Nathan Ake Rp757 Miliar

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 45 2254944 man-city-tebus-nathan-ake-rp757-miliar-kwFDMDkP4t.jpg Nathan Ake menjegal Mo Salah (Foto: Premier League)

MANCHESTER – Gerak cepat dilakukan Manchester City pada bursa transfer musim panas 2020. Setelah selangkah lagi mendatangkan Ferran Torres dari Valencia, The Citizens juga hampir mencapai kesepakatan dengan Bournemouth untuk transfer Nathan Ake.

Kegagalan meraih trofi Liga Inggris untuk ketiga kali secara beruntun memaksa Man City berbenah jelang musim 2020-2021. Sejumlah titik lemah yang terjadi di musim lalu coba untuk ditambal. Salah satunya lewat bursa transfer.

Lini belakang menjadi sorotan tersendiri karena Man City kebobolan hingga 35 gol musim ini. Padahal, dalam dua musim belakangan, gawang Ederson Moraes hanya kemasukan masing-masing 27 dan 23 gol saja. Cedera yang secara bergantian menimpa sejumlah bek menjadi pangkal permasalahan.

Baca juga: Man City Selangkah Lagi Dapatkan Ferran Torres

Gawang Man City rentan kemasukan (Foto: Twitter/@EmiratesFACup)

Aymeric Laporte dan John Stones harus menepi selama beberapa bulan. Akibatnya, Pep Guardiola terpaksa memainkan Fernandinho di jantung pertahanan untuk menemani Nicolas Otamendi. Man City memang bersalah karena tidak belanja pemain baru untuk menggantikan Vincent Kompany.

Kesalahan itu coba diperbaiki dengan mendatangkan Nathan Ake dari Bournemouth. Kebetulan, The Cherries terdegradasi ke kasta kedua Liga Inggris. Situasi tersebut memudahkan Man City untuk menggaet mantan pemain Chelsea tersebut.

Dilansir dari Goal, Jumat (31/7/2020), Man City sebentar lagi mencapai kesepakatan dengan Bournemouth terkait nilai transfer Nathan Ake. Manchester Biru dikabarkan mengucurkan dana sebesar 40 juta poundsterling (setara Rp757 miliar) plus 1 juta poundsterling (setara Rp18,9 miliar) sebagai add-on.

Kesepakatan terkait transfer Nathan Ake diyakini bakal terjadi dalam waktu dekat. Pemain berkebangsaan Belanda itu jelas lebih murah ketimbang bek incaran lainnya, yakni Kalidou Koulibaly dari Napoli.

Sejak meninggalkan Chelsea pada 2017, reputasi Nathan Ake bersama Bournemouth meningkat pesat. Pemain berusia 25 tahun itu cukup tangguh di belakang, serta bisa ditempatkan sebagai fullback kiri. Kebetulan, posisi tersebut juga menjadi titik lemah Man City.

Statistik Nathan Ake bersama Bournemouth pada Liga Inggris 2019-2020 juga cukup apik. Pemain bertinggi badan 180 sentimeter (cm) itu tercatat melakukan 31 kali tekel dengan rasio sukses mencapai 68% dalam 29 penampilan. Ia juga 36 kali melakukan intersep dan 147 sapuan sepanjang musim lalu.

Dengan usia yang baru 25 tahun, Nathan Ake jelas menjadi alternatif yang bagus untuk Man City. Untuk diketahui, usia keemasan seorang pemain belakang biasanya terjadi pada rentang 29-32 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini