Tips Maman Abdurahman Bisa Bermain sebagai Bek Tengah atau Sayap

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 49 2254740 tips-maman-abdurahman-bisa-bermain-sebagai-bek-tengah-atau-sayap-ULkHd8MKYo.jpg Maman Abdurrahman. (Foto/Persija)

JAKARTA – Pemain senior Persija Jakarta, Maman Abdurahman memberikan tips agar bisa menempati dua posisi, yakni sebagai bek tengah ataupun sayap. Menurutnya tugas pemain adalah mengikuti arahan pelatih yang sudah dipertimbangkan secara matang.

Maman sudah malang melintang ke berbagai klub Indonesia. Pada 2006, ia menjadi pemain terbaik Liga Indonesia saat dirinya berkostum PSIS Semarang. Pemain bepostur 177 sentimeter ini kemudian masuk ke Persija pada 2015.

Foto/Persija Jakarta

Tiga tahun berselang, Maman membantu Persija juara Liga 1 208 dan Piala Presiden 2018.

Baca juga: Faktor Kunci Riko Simanjuntak Dapat Memperdaya Bek-Bek Andal

Baca juga: Tak Masuk Skuad Timnas, Kiper Persija Andritany Ardhiyasa Benahi Kekurangan

Meski sering menepati posisi bek tengah, namun saat awal-awal berseragam Timnas Indonesia, dia pernah diplot sebagai pemain bek sayap.

Meski begitu, Maman siap mengikuti instruksi pelatih. Menurut dia, di era sepakbola modern penting bagi setiap pemain bisa bermain lebih dari satu posisi.

Maman pun memberikan tips bagaimana bisa bermain secara maksimal meski menempati pos yang bukan andalannya.

“Lebih nyaman bermain di bek tengah. Hal ini tidak terlepas karena saya lebih menguasai teknik sebagai seorang defender. Tapi saya tidak pernah mempersoalkan bermain dimana, asal fisik kita bagus, pasti tidak akan masalah,” ujar pemain terbaik Liga Indonesia 2006 ini.

Musim lalu dalam Liga 1 2019, Maman pernah bertugas sebagai bek kanan saat Ismed Sofyan absen. Fisik Maman pun tidak terlihat kedodoran meski usianya yang sudah menginjak 38 tahun. 

(Ram)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini