Leeds United Promosi ke Liga Inggris sebagai Juara Divisi Championship 2019-2020

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 01:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 45 2248611 leeds-united-promosi-ke-liga-inggris-sebagai-juara-divisi-championship-2019-2020-SSxkuKFxLN.png Leeds United (Foto: Twitter/@LUFC)

LEEDS – Kabar baik belum berhenti menghampiri para penggemar Leeds United. Setelah  Leeds resmi promosi langsung ke Liga Inggris pada musim depan, kini The Whites -julukan Leeds- memastikan diri sebagai juara Divisi Championship (kasta kedua sepakbola Inggris) 2019-2020.

Kepastian itu Leeds dapat setelah penghuni peringkat ketiga, Brentford, kalah 0-1 dari Stoke City pada Sabtu 18 Juli 2020 malam WIB. Kekalahan membuat Brentford tidak mungkin lagi mengejar koleksi poin Leeds yang duduk nyaman di posisi pertama.

Leeds United (Foto: Twitter/@LUFC)

Brentford mengoleksi 81 poin tertinggal enam poin dari Leeds di posisi pertama. Dengan satu pertandingan tersisa, Brentford tidak akan bisa menjauhkan tangan para pemain Leeds dari trofi Divisi Championship.

Bagaimana dengan West Bromwich Albion di posisi kedua? Sama halnya dengan Brentford, West Brom juga tidak memiliki peluang untuk menggusur Leeds karena tertinggal lima poin dari Leeds.

BACA JUGA: 16 Tahun Menanti, Leeds United Akhirnya Kembali ke Liga Inggris pada Musim Depan

Leeds pun masih memiliki dua pertandingna tersisa untuk dimainkan. Jika memenangkan keduanya, Leeds akan mengakhiri musim ini dengan total 93 poin. Lolos ke Liga Inggris musim depan sebagai juara Divisi Championship melengkapi musim sempurna pasukan Marcelo Bielsa tersebut.

Leeds akan kembali ke Liga Inggris setelah absen selama 16 tahun. Leeds terakhir kali tampil di Liga Inggris adalah pada musim 2003-2004. Pada waktu itu, Leeds harus rela turun kasta setelah finis di posisi ke-19 dengan koleksi 33 poin.

Setelah 16 tahun absen, Leeds akan mencoba peruntungannya di Liga Inggris musim depan. The Whites yang telah mengoleksi tiga trofi Liga Inggris kemungkinan besar tidak akan mampu bersaing memperebutkan gelar juara.

Hampir mustahil bagi Leeds untuk merusak dominasi Liverpool dan Manchester City di Liga Inggris, yang berlangsung dalam dua musim terakhir. Leeds diprediksi akan lebih banyak berkutat di papan tengah pada musim depan.

Meski begitu, Leeds juga bisa membuat kejutan jika mampu merekrut beberapa pemain bintang pada bursa transfer musim panas 2020. Keberadaan beberapa pemain berkualitas akan menambah kualitas permainan Leeds pada musim depan.

Namun, perekrutan para pemain bintang pun bergantung pada kemampuan finansial Leeds. The Whites harus bijaksana pada bursa transfer musim panas 2020 mengingat kondisi ekonomi dunia sedang tidak bagus karena pandemi virus corona (Covid-19). Leeds harus membeli pemain berkualitas yang sesuai dengan permainan dan kemampuan finansialnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini