Alasan Marc Klok Senang di Indonesia Dibanding Belanda

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 49 2245838 alasan-marc-klok-senang-di-indonesia-dibanding-belanda-72058wemXL.jpg Marc Klok. (Foto/Persija)

JAKARTA – Marc Klok sudah tiga tahun berada di Indonesia. Ia pertama kali datang membela PSM Makassar pada 2017 dan pindah ke Persija Jakarta pada 2020.

Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu menuturkan sangat menikmati tinggal di Indonesia. Ia mengungkapkan ada perbedaan yang paling menonjo antara kampung halamannya dengan Indonesia.

“Saya sangat nyaman di Indonesia karena cuaca yang panas. Selain itu di sini selalu ada matahari, saya suka. Berbeda dibanding Belanda yang selalu dingin dan hujan,” ujar Klok mengutip laman Persija, Senin (13/7/2020).

Foto/Persija Jakarta

Baca juga: Cerita Bek Persija Pernah Main Bareng Eks Kiper Timnas Brasil dan AC Milan

Baca juga: 2 Tips Menjadi Gelandang seperti Evan Dimas

Klok mengaku dirinya seorang vegetarian. Namun, ada dua makanan khas Indonesia yang menjadi favoritnya, yakni perkedel dan gado-gado.

Pemain berusia 26 tahun ini sebentar lagi juga akan menjadi warga negara Indonesia. Ia mengungkapkan dirinya baru saja mengurus berkas administrasi ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sebentar lagi jadi WNI

Setelah proses administrasi selesai, Klok akan mengucapkan sumpah, menyanyikan lagu kebangsaan (Indonesia Raya) dan melafalkan Pancasila.

“Saat ini memasuki proses administrasi di DPR. Saat ini saya harus menyelesaikan beberapa hal agar proses itu berlanjut ke tahap selanjutnya. Saya sendiri berharap semuanya bisa lancar apalagi di tengah situasi pandemi ini tidak mudah,” ujar Klok di YouTube Persija.

Perjuangan Klok untuk menjadi WNI tidak mudah. Pasalnya, pergantian menteri di kabinet menyebabkan proses administrasi terhenti di Kementerian Olahraga (Kemenpora). Kemudian datang pandemi Covid-19, yang membuat segala urusan administrasi menjadi lebih rumit.

“Intinya harus bersabar. Setelah proses di DPR rampung, lalu tunggu persetujuan presiden. Setelah itu saya rasa prosesnya sudah selesai dan saya akan resmi menjadi warga negara Indonesia," ujar Klok mengutip laman Liga Indonesia.

Jika proses naturalisasi Klok selesai, Persija mendapat keuntungan untuk menambah slot pemain asing. Pasalnya, aturan Liga 1 hanya memperbolehkan klub peserta liga memainkan 4 pemain asing (3 pemain bebas dan 1 pemain asia).

Foto/Persija Jakarta

Selain Klok, pemain asing di Persija yakni Marko Simic (Kroasia), Rohit Chand (Nepal) dan Marco Motta (Italia).

Tim Nasional (Timnas) Indonesia juga mendapatkan keuntungan jika proses naturaliasi Klok selesai dalam waktu dekat. Timnas bisa menggunakan jasanya untuk tampil dalam lanjutan Pra Piala Dunia 2022, Oktober mendatang, atau di Piala AFF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini