2 Tips Menjadi Gelandang seperti Evan Dimas

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 20:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 49 2244584 2-tips-menjadi-gelandang-seperti-evan-dimas-yTSDh9cXiX.jpg Evan Dimas. (Foto/Persija Jakarta)

JAKARTA – Pemain Persija Jakarta, Evan Dimas memberikan tips untuk menjadi gelandang seperti dirinya. Ia mengatakan seorang gelandang harus berpikir cepat dalam mengirimkan bola.

Evan Dimas memiliki karier cemerlang ketika bermain di Timnas Indonesia U-19. Di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri, Evan membawa Timnas menjuarai Piala AFF U-19 2013 setelah di laga puncak mengalahkan Vietnam via adu penalti.

Foto/Persija Jakarta

Baca juga: Awal Kisah Bambang Pamungkas Kenakan Nomor Punggung 20

Baca juga: Osvaldo Haay Mengaku Pernah Menjauh dari Tuhan

Selama bermain untuk Timnas Indonesia U-19, pemain berusia 25 tahun telah mencetak 20 gol dari 58 kali penampilannya. Evan kemudian naik ke Timnas U-23, di mana ia mencetak 5 gol dari 23 kali bermain.

Dalam program Become A Pro milik Persija Jakarta, Evan memberikan tips untuk menjadi seorang gelandang yang andal. Menurutnya, ada dua hal penting yang harus diterapkan seorang gelandang

Pertama, seorang gelandang harus berpikir cepat. Menurutnya sebelum menerima umpan dari rekan, sebagai gelandan harus sudah mengetahui ke mana bola akan dikirim lagi.

“Sebagai seorang gelandang kita harus berpikir cepat. Kita harus lihat sekeliling dan setelah menerima bola akan diumpan ke mana. Bila terlambat sedikit saja, lawan akan mudah merebut bola kita,” kata Evan mengutip laman Persija, Jumat (10/7/2020).

Tips kedua, gelandang harus dapat menghindari resiko cedera. Sebagai pemain yang paling sering memegang bola, gelandang harus tahu kapan menggiring, kapan menggocek dan kapan melepaskan umpan.

“Kita harus tahu waktu kapan bersikap terhadap bola itu. Jangan sampai terbawa emosi untuk menahan bola terlalu lama. Hal itu dapat menghindari kita dari cedera karena tekel dari lawan,” lanjut dia.

Foto/Persija Jakarta

Selain dua hal teknis untuk menjadi gelandang andal, pendidikan adalah hal penting, menurut Evan. Kata dia, pendidikan sangat berguna di dunia sepakbola.

“Jangan lupakan pendidikan. Saya merasakan butuh akan pendidikan saat berlatih di Barcelona dahulu. Kala itu bahasa Inggris saya kurang baik. Selain itu pendidikan akan berguna saat kita pensiun nanti,” pungkas Evan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini