Jelang Man United vs Bournemouth, Solskjaer Senang dengan Catatan Clean Sheet Setan Merah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 45 2240937 jelang-man-united-vs-bournemouth-solskjaer-senang-dengan-catatan-clean-sheet-setan-merah-NFjBxI2CE2.jpg Personel lini belakang Man United berpose di sesi latihan (Foto: Twitter/@ManUtd)

MANCHESTER – Manchester United tengah menikmati tren positif dalam sembilan pertandingan terakhir di Liga Inggris 2019-2020. Setan Merah tidak terkalahkan dengan merebut lima kemenangan dan empat hasil imbang. Satu catatan menarik lainnya, mereka mampu menjaga gawang tidak kebobolan delapan kali dalam 13 pertandingan terakhir.

Solidnya lini belakang Man United tidak terlepas dari peran dua rekrutan anyar, yakni Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka. Kedua pemain yang didatangkan dengan nilai total 130 juta poundsterling (setara Rp2,3 triliun) itu mampu menambal rapuhnya lini pertahanan di musim lalu.

Baca juga: Solskjaer Sebut Man United vs Bournemouth sebagai Laga Pembuktian

Kehadiran Harry Maguire meningkatkan kualitas lini belakang Man United (Foto: Twitter/@ManUtd)

Ole Gunnar Solskjaer jelas senang dengan catatan delapan clean sheet dalam 13 pertandingan terakhir. Menurutnya, itu merupakan sebuah nilai tambah. Dengan lini belakang yang solid, para pemain depan dapat fokus mengkreasi peluang untuk mencetak gol sehingga tidak perlu khawatir akan kebobolan.

“Setiap kali Anda mendapatkan clean sheet, itu merupakan nilai tambah karena kami tahu mampu selalu menciptakan peluang dan mencetak gol. Semua manajer (pelatih) akan bilang jika punya fondasi kuat di belakang, Anda punya kans besar mencetak hasil bagus,” tutur Ole Gunnar Solskjaer, seperti dimuat situs resmi Man United, Jumat (3/7/2020).

“Ini adalah upaya tim dan saya sangat senang dengan begitu banyak koleksi cleansheet. Tidak masalah seberapa bagus kami bertahan, kami harus selalu bisa melepaskan tembakan ke gawang lawan. Menurut saya, saat ini kami bertahan dengan baik sebagai tim,” imbuh pria berusia 47 tahun tersebut.

Lini belakang Man United memang jauh lebih kuat pada musim ini. Iblis Merah hingga pekan 32 Liga Inggris 2019-2020 baru kemasukan 31 kali. Jumlah tersebut merupakan yang terbaik ketiga di Liga Inggris setelah Liverpool (25 gol) dan Leicester City (31 gol).

Sayangnya, kukuhnya pertahanan masih belum bisa dibarengi dengan ketajaman di lini depan. Anthony Martial dan kawan-kawan baru mengemas 51 gol dari 32 pertandingan. Catatan itu menjadikan Man United hanya sebagai kesebelasan tersubur kelima di Liga Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini