Share

5 Rekor di Liga Inggris yang Bisa Dipecahkan Liverpool Musim Ini

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 02 Juli 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 45 2240255 5-rekor-di-liga-inggris-yang-bisa-dipecahkan-liverpool-musim-ini-WvPl9KTtX8.jpg Liverpool masih bisa memecahkan lima rekor musim ini (Foto: Premier League)

PENANTIAN selama 30 tahun akhirnya tuntas sudah. Liverpool akhirnya meraih gelar juara Liga Inggris 2019-2020 pekan lalu. Kepastian itu didapat usai Chelsea menaklukkan Manchester City 2-1 pada laga pekan 31 Liga Inggris 2019-2020, Jumat 26 Juni dini hari WIB.

Liverpool tidak hanya sekadar juara, melainkan melakukannya dengan penuh gaya. Skuad asuhan Jurgen Klopp itu bahkan memecahkan rekor sebagai tim tercepat yang pernah menjuarai Liga Inggris, yakni ketika masih menyisakan tujuh pertandingan.

Baca juga: Klopp Sebut Tiga Pesaing Liverpool di Liga Inggris Musim Depan

Selain rekor mentereng tersebut, masih ada sederetan catatan lain yang siap ditorehkan Mo Salah dan kawan-kawan pada sisa tujuh pertandingan ke depan. Berikut deretan rekor yang berpotensi dipecahkan Liverpool

5. Selisih Poin Terbesar

Liverpool sudah memastikan diri juara di pekan 31 (Foto: Premier League)

Rekor yang satu ini masih dipegang Man City ketika menjuarai Liga Inggris 2017-2018. The Citizens kala itu unggul 19 poin dari urutan kedua sekaligus rival beratnya, Man United. Hingga memasuki pekan 32, Liverpool sudah mengantongi keunggulan 23 poin dari peringkat kedua Man City.

Selisih poin tersebut berpotensi melebar andai Liverpool sukses menaklukkan Man City pada Jumat 3 Juli 2020 dini hari WIB di Stadion Etihad. Andai menang, maka selisih poin melebar menjadi 26 angka. Jika kalah, maka selisih akan menciut menjadi 20 poin. Demi memecahkan rekor tersebut, Liverpool harus benar-benar menjaga konsistensi hingga pekan 38.

4. Jumlah Kemenangan Kandang Terbanyak

Stadion Anfield benar-benar menjadi benteng tangguh buat Liverpool. Mereka selalu mampu menyapu bersih 16 kemenangan dari 16 laga kandang musim ini hingga pekan 31. Dengan tiga laga tersisa, maka Liverpool bisa memecahkan rekor sapu bersih sekaligus kemenangan terbanyak di kandang sendiri.

Liverpool sudah menang 16 kali di kandang musim ini (Foto: Premier League)

Saat ini, rekor tersebut dipegang oleh tiga klub, yakni Man United, Chelsea, dan Man City. Ketiga kesebelasan tersebut menjadi juara dengan mengukir 18 kemenangan di kandang sendiri dari 19 pertandingan. Karena itu, tiga kemenangan kandang lagi bagi Liverpool akan menjadi rekor tersendiri.

3. Jumlah Kemenangan Tandang Terbanyak

Selain tangguh di kandang sendiri, Liverpool juga tidak gentar kala menyambangi markas tamu. Dari 15 kali bertanding, Si Merah mampu mencatatkan 12 kemenangan, dua imbang, dan sekali kalah. Dengan sisa empat laga tandang, termasuk dini hari nanti, maka Liverpool punya kans memecahkan rekor.

Hanya Watford yang bisa mengalahkan Liverpool musim ini (Foto: Premier League)

Kesebelasan dengan rekor kemenangan tandang terbanyak semusim masih tercatat atas nama Man City pada 2017-2018 dengan 16 pertandingan. Jika dini hari nanti gagal menang di Stadion Etihad, maka Liverpool maksimal hanya akan menyamai catatan milik Manchester Biru.

2. Jumlah Kemenangan Terbanyak Semusim

Hingga pekan 31, Liverpool sudah mencatatkan 28 kali menang, dua imbang, dan sekali kalah. Mereka hanya berjarak empat kemenangan lagi untuk menyamai rekor yang dipegang Man City. Calon lawan mereka subuh nanti itu pernah mencatatkan 32 kemenangan saat menjadi juara musim lalu.

Liverpool sudah menang 28 kali musim ini (Foto: Premier League)

Tujuh pekan tersisa tentu masih bisa dimanfaatkan Liverpool untuk setidaknya meraih empat kemenangan demi menyamai catatan tersebut. Dengan hanya menyisakan kompetisi Liga Inggris, maka Liverpool bisa fokus dalam tujuh laga tersisa.

1. Jumlah Poin Terbanyak Semusim

Rekor terakhir yang bisa dipecahkan Liverpool adalah jumlah poin terbanyak dalam semusim. Lagi-lagi, rekor tersebut dipegang Man City dengan total 100 angka ketika menjadi juara pada 2017-2018. Mo Salah dan kawan-kawan saat ini sudah mengumpulkan 86 poin hingga pekan 31.

Liverpool bisa mengoleksi lebih 100 poin

Liverpool hanya perlu menambah minimal 15 angka lagi demi melewati catatan 100 poin milik Man City. Itu berarti, Liverpool harus memenangi setidaknya lima pertandingan serta harus maksimal sekali imbang atau sekali kalah dari laga-laga tersisa.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini