Share

'Semeter Kotor' Jadi Alasan Riko Simanjuntak Pilih Messi ketimbang Ronaldo

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 49 2235055 semeter-kotor-jadi-alasan-riko-simanjuntak-pilih-messi-ketimbang-ronaldo-CEOPpBvySE.jpg Riko Simanjuntak. (Foto/Persija)

JAKARTA – Pilih siapa, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi? Dua-duanya pemain hebat yang juga bermain untuk klub besar. Keduanya juga langganan penerima penghargaan individu sebagai pesepakbola terbaik. Messi dan Ronaldo adalah pemain vital di klubnya masing-masing serta tim nasional Portugal (Ronaldo) dan Argentina (Messi).

Meski sering jadi bahan topik perdebatan pecinta sepakbola, Riko Simanjuntak tak ragu memilih Messi ketimbang Ronaldo. Alasannya, “semeter kotor”. Riko memilih pemain berjuluk La Pulga itu karena Messi memberi inspirasi para pemain berpostur kecil untuk tidak lagi dianggap remeh.

Messi hanya berpostur tinggi 170 sentimeter. Tidak tinggi untuk ukuran pesepakbola di Eropa. Namun, raihan yang diperolehnya melebihi “tinggi badannya”. Messi bersama Barcelona sudah merasakan 10 juara La Liga Spanyol, 4 trofi Liga Champions, 8 kali Piala Super Spanyol. Messi sudah mencetak 629 gol selama berseragam Barcelona.

Foto/Persija

Baca juga: Cerita Rezaldi Hehanussa Ingin Tinggalkan Persija

Sudah cukup? belum. Messi juga meraih penghargaan individu berulang kali. Dia enam kali memenangi gelar pemain terbaik Ballond’Or dan enam kali menjadi pemain terbaik dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Ia juga mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak. Terakhir, Ia menjadi top skor Liga Champions 2018-21019 dengan raihan 12 gol.

Namun, pencapaian Ronaldo juga tak kalah mentereng dari rivalnya. Ia menjadi pemain terbaik FIFA sebanyak 5 kali, menang 5 kali Ballond’Or. Ia juga menjadi pemain penting membawa Real Madrid dan Manchester United meraih beberapa gelar. Hal yang membedakan Messi dan Ronaldo, yakni Ronaldo berhasil membawa Portugal juara Piala Eropa 2016. Sedangkan Messi tidak pernah membawa Argentina mengangkat trofi juara turnamen.

Meski begitu, Riko menilai Messi lebih baik dibanding Ronaldo. Ia beralasan, meski tinggi tubuhnya kecil menyerupai Messi, tetapi mampu memporakpondakan bek lawan-lawannya. Ia juga merasa dirinya lincah seperti Messi.

“Karena berkat adanya Messi, kita yang (bertinggi) semeter kotor ini lebih diperhitungkan di sepak bola ya. Berkat dia (Messi) juga, membikin semua mata terbuka bahwasanya orang-orang semeter kotor seperti kita ini nggak bisa disepelekan,” ujar Riko mengutip laman Persija, Selasa (23/6/2020).

“Kebetulan saya juga pengagum Barcelona jadinya saya lebih memilih Messi dibandingkan Ronaldo. Apalagi Barcelona juga klub luar biasa,” pungkas pemain berpostur tinggi 153 sentimeter ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini