Kenapa Trofi Piala Dunia Berganti pada 1974?

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 51 2230544 kenapa-trofi-piala-dunia-berganti-pada-1974-VBVfz0PqXj.jpg Trofi Piala Dunia (Foto: fifa.com)

PIALA Dunia mungkin masih menjadi turnamen olahraga terbesar selain Olimpiade hingga saat ini. Bahkan saking spesialnya turmanen sepakbola empat tahunan tersebut, trofinya sendiri terbuat oleh emas murni.

Namun tahukan Anda, trofi Piala Dunia yang saat ini diperebutkan sebenarnya bukan bentukan asli yang pertama kali diperebutkan. Ya, trofi Piala Dunia pertama bernama Coupe du Monde atau lebih dikenal dengan Jules Rimet –mengacu pada Presiden FIFA pertama.

Trofi Jules Rimet

Besarnya trofi Coupe du Monde sendiri jauh lebih kecil dari trofi yang kini diperebutkan di setiap gelaran Piala Dunia. Ya, trofi Jules Rimet yang dibuat dari pelat perak hanya memiliki ukuran sebesar 35 sentimeter (cm) dan mempunyai bobot 3,8 kilogram (kg).

Baca Juga: Panjang dan Lebar Lapangan Sepakbola Versi FIFA

Trofi Jules Rimet pun diperebutkan sejak Piala Dunia pertama yang berlangsung pada 1930 hingga 1970. Namun pada 1970, FIFA menghadiahi trofi Jules Rimet kepada Brasil usai berhasil memenangkan Piala Dunia mereka untuk ketiga kalinya.

FIFA pun lalu mengelar sebuah seyembara untuk menggantikan trofi Jules Rimet yang sudah dimiliki permanen oleh Brasil. Pada 1971, FIFA akhirnya tertartik dengan hasil pahatan seniman asal Italia, yakni Silvio Gazzaniga.

Mereka pun akhirnya memilih hasil karya Gazzaniga tersebut sebagai trofi baru Piala Dunia yang mulai diperebutkan sejak 1974 hingga saat ini. Trofi Piala Dunia baru itu sendiri memiliki bobot, 6 kg dengan tinggi 36,5 cm serta dilapisi emas 18 karat.

Sementara nasib trofi Jules Rimet justru kurang beruntung. Ya, trofi Jules Rimet yang disimpan di lemari kaca kantor PSSI-nya Brasil dicuri empat orang tak bertanggung jawab, yang mana piala itu lalu dilelehkan menjadi emas batangan oleh pedangan emas asal Argentina, Juan Carlos Hernandez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini