Share

Legenda Chelsea Bikin Ketakutan Sir Alex Ferguson

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 45 2227757 legenda-chelsea-bikin-ketakutan-sir-alex-ferguson-88smYtcO8q.jpg Gianfranco Zola. (Foto/Talk Chelsea)

MANCHESTER – Mantan pemain Manchester United, Phil Neville mengatakan Sir Alex Ferguson sangat mencintai Gianfranco Zola. Karenanya, jika Man United bertemu Chelsea, Sir Alex selalu menggunakan taktik khusus untuk menghadapi mantan pemain depan tim nasional (timnas) Italia tersebut.

Zola menghabiskan 7 tahun merumput di Stamford Bridge, dan kerap menjadi momok saat bersua Man United asuhan Ferguson. Dia mencetak gol hanya dua menit dalam di laga pertama kontra Man United, tepatnya di pekan ke-27 Liga Inggris 1996-1997. Dalam laga tersebut, skor akhir sama kuat 1-1.

Foto/Chelsea

Baca juga: Dipecat Manchester United, Wayne Rooney Bela Roy Keane

Dalam suatu pertandingan, Neville mengungkapkan pengaruh Zola sangat ditakuti, sehingga Ferguson berusaha keras untuk membuatnya tidak berkutik. Bahkan ketika Man United sudah dipastikan memenangkan trofi Liga Inggris 1999-2000, Ferguson tetap menginstruksikan pemainnya untuk mematikan pergerakan Zola di pekan ke-35.

"Manajer (Sir Alex) mengganti beberapa pemain, tapi ada satu hal yang tetap diingat adalah rasa hormat luar biasa Sir Alex Ferguson kepada Gianfranco Zola. Dia mencintainya,” kata Neville menceritakan pertandingan Man United versus Chelsea di Old Trafford pada 1999.

Tubuh Zola yang kecil dan kakinya yang cepat membuat dia muncul di ruang-ruang tak terduga. Ia sulit terdeteksi. Zola juga kerap menggeliat keluar dari area yang sempit, menjadikannya mimpi buruk bagi para bek. Tugas semacam itu sering diserahkan Sir Alex kepada Neville.

"Dia mirip dengan Eric Cantona tapi dalam gaya permainan, dia seperti pesepakbola Inggris. Dia selalu menjadikan pertandingan menjadi lebih sulit. Dia bisa bermain dengan kedua kakinya. Di lapangan, dia seorang pemain sejati," ungkap Neville mengutip Mirror, Rabu (10/6/2020).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini