Syamsir Alam Sebut Laga Kontra Chelsea Jadi Awal Kehancuran Kariernya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 51 2223221 syamsir-alam-sebut-laga-kontra-chelsea-jadi-awal-kehancuran-kariernya-OUIgomgFmD.jpg Syamsir Alam saat membela Timnas Indonesia di usia muda (Foto: Instagram/@syamsir11alam)

JAKARTA – Pernah digadang-gadang sebagai bocah ajaib asal Indonesia, karier Syamsir Alam ternyata berakhir lebih cepat di sepakbola. Ia kini lebih dikenal sebagai seorang selebriti. Kepada Hamka Hamzah, Syamsir menceritakan bagaimana kariernya perlahan hancur.

Nama Syamsir Alam pertama kali mencuat saat membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17 pada 2008. Postur ideal serta kemampuan olah bola yang baik membuatnya digadang-gadang sebagai calon striker sekaligus bintang masa depan sepakbola Indonesia.

Baca juga: Bek Naturalisasi Persib Harap Liga 1 2020 Dilanjutkan

Syamsir Alam lebih dikenal sebagai artis

Lelaki yang kini berusia 27 tahun itu sempat masuk program SAD di Uruguay pada 2008 dan 2009. Setelah lulus, Syamsir Alam bergabung dengan klub Liga Belgia CS Vise pada 2011-2013. Pada tahun terakhirnya, ia sempat dipinjamkan ke klub Liga Amerika Serikat (MLS), DC United.

Ketika Chelsea datang ke Indonesia pada Juli 2013, nama Syamsir Alam masuk dalam skuad Indonesia All Star asuhan Rahmad Darmawan. Sayangnya, setelah pertandingan itu, gairah untuk mengembangkan bakat sepakbola malah menghilang.

“Ada rasa yang berbeda setelah melawan Chelsea. Seharusnya saya masih ada kesempatan balik ke DC United satu tahun kontrak, tapi karena ada indisipliner katanya. Karena saya dikasih libur dua minggu, saya harusnya kembali ke AS, tapi ada yang bilang langsung ikut TC Timnas Indonesia U-23 di Yogyakarta,” ujar Syamsir Alam seperti dikutip dari video Youtube Hamka Story 23, Selasa (2/6/2020).

Karier pemain kelahiran Kabupaten Agam itu memang tidak langsung tamat selepas dari DC United. Ia masih sempat direkrut Sriwijaya FC (2014-2016), Pelita Bandung Raya (2014-2016), dan terakhir Persiba Balikpapan (2016). Setelah dari Persiba, ia benar-benar berhenti bermain sepakbola. Meski begitu, Syamsir mengaku masih memiliki motivasi untuk bermain.

“Motivasi untuk bermain masih ada. Setelah down itu masih belum bertemu pelatih dan tim yang pas saja,” pungkas Syamsir Alam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini