nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Valencia vs Atalanta, Empat Gol Ilicic Bawa La Dea ke Perempatfinal Liga Champions

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 05:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 11 261 2181392 valencia-vs-atalanta-empat-gol-ilicic-bawa-la-dea-ke-perempatfinal-liga-champions-mBk8usrPJu.jpg Pemain Atalanta selebrasi (Foto: UEFA)

VALENCIA – Atalanta meraih kemenangan dengan skor ketat 4-3 saat bertandang ke markas Valencia dalam lanjutan leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2019-2020. Striker Atalanta, Josip Ilicic, tampil gemilang dengan memborong keempat gol tersebut. Dengan hasil ini, maka Atalanta pun lolos ke perempatfinal lantaran unggul agregat 8-4 atas Valencia.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Laga dimulai dengan serangan yang langsung digalang para pemain Atalanta. Hal tersebut membuat baris pertahanan Valencia hingga akhirnya Mouctar Diakhaby melakukan pelanggaran terhadap Josip Ilicic di kotak terlarang. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Ilicic yang mengeksekusi penalti tersebut berhasil membuat La Dea unggul cepat 1-0 di menit ketiga.

Tertinggal satu gol membuat para pemain Valencia tersentak. Pasalnya, ketertinggalan agregat mereka semakin melebar. Maka dari itu, Valencia langsung tancap gas. Pada menit kesembilan Rodrigo Moreno melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke gawang Atalanta. Akan tetapi, Marco Sportiello masih bisa membendung sepakan tersebut.

Valencia vs Atalanta

Gol yang diinginkan para pemain Valencia baru tercipta di menit ke-21. Jose Luis Palomino gagal memotong umpan yang dilepaskan Rodrigo dari sisi kiri, bola pun dicuri oleh Kevin Gameiro yang berada di muka gawang Atalanta dan langsung melepaskan tembakan. Sportiello kali ini tak bisa menghentikan laju bola dan skor berubah menjadi 1-1.

Setelah berhasil menyamakan skor, Valencia pun menjadi lebih percaya diri. Pada menit ke-30 Rodrigo mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan jarak jauh. Sayangnya, arah bola masih terlalu tinggi dan melebar ke sisi kiri gawang Atalanta.

Nahas bagi Valencia, alih-alih berusaha mencari gol tambahan, gawang mereka justru kembali kebobolan melalui penalti pada menit ke-43. Diakhaby melakukan handball di kotak terlarang dan membuat wasit harus memberikan hadiah penalti kepada Atalanta. Ilicic yang kembali maju sebagai eksekutor kembali berhasil memperdaya Jasper Cilessen. Atalanta unggul 2-1 dan skor ini bertahan hingga turun minum.

Babak kedua:

Memasuki babak kedua, Atalanta kembali menampilkan permainan menyerang meski mereka sudah unggul. Pada menit ke-50, tim besutan Gian Piero Gasperini itu hampir saja menambah golnya melalui Remo Freuler. Sayangnya, sepakan keras Freuler masih membentur mistar gawang.

Semenit berselang, giliran Valencia yang menekan Atalanta. Ferran Torres menyisir sisi kiri lapangan dan memberikan umpan silang kepada Kevin Gameiro. Tak menyia-nyiakan peluang tersebut, Gameiro sukses menanduk bola hingga menggetarkan jala gawang La Dea. Kedudukan kini menjadi imbang 2-2.

Gol tersebut langsung mendongkrak semangat para pemain Valencia. Hasilnya, di menit ke-67 kubu tuan rumah kembali mencetak gol. Kali ini Ferran Torres mencungkil bola setelah menerima umpan Dani Parejo. Ia melakukan hal tersebut setelah melihat posisi Sportiello yang terlalu maju dari gawang Atalanta. Si kulit bundar pun meluncur mulus dan Valencia gantian memimpin 3-2.

Kendati demikian, keunggulan Valencia itu tak bertahan lama. Sebab, empat menit berselang Atalanta menyamakan skor menjadi 3-3 melalui Ilicic. Berawal dari serangan balik cepat, Ilicic mendapat kesempatan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola diarahkannya ke pojok kiri gawang Valencia. Cillessen tak mampu menahan laju bola.

Ilicic benar-benar menjadi mimpi buruk Valencia. Di menit ke-82, striker Slovenia itu kembali mencatatkan namanya di papan skor. Setelah mendapat operan pendek Papu Gomez, Ilicic yang berdiri tanpa pengawalan dengan mudah menaklukkan Cillessen menggunakan sepakan kaki kiri. Skor berubah 4-3 dan keadaan ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain:

Valencia: Jasper Cillessen; Daniel Wass, Mouctar Diakhaby, Francis Coquelin, Jose Gaya; Carlos Soler, Geoffrey Kondogbia, Daniel Parejo, Ferran Torres; Kevin Gameiro, Rodrigo Moreno.

Cadangan: Lee Kang-In, Goncalo Guedes, Ruben Sobrino, Denis Cheryshev, Hugo Guillamon, Jaume Domenech, Alessandro Florenzi.

Atalanta: Marco Sportiello; Mattia Caldara, Jose Luis Palomino, Berat Djimsiti; Hans Hateboer, Remo Freuler, Marten De Roon, Robin Gosens; Mario Pasalic; Alejandro Gomez, Josip Ilicic.

Cadangan: Duvan Zapata, Lennart Czyborra, Adrien Tamez, Timothy Castagne, Francesco Rossi, Ruslan Malinovskiy, Luis Muriel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini