nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Efek yang Diterima Manchester City Setelah Dilarang Tampil di Liga Champions

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 07:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 15 261 2168816 5-efek-yang-diterima-manchester-city-setelah-dilarang-tampil-di-liga-champions-nvTTBFTQQE.jpg Manchester City (Foto: @premierleague/Twitter)

FEDERASI Sepakbola Eropa (UEFA) melarang Manchester City tampil di Liga Champions selama dua musim (2020-2021 dan 2021-2022) dan denda sebesar 30 juta euro atau sekira Rp445,3 miliar. Hukuman itu dikeluarkan karena Manchester City melanggar aturan Financial Fair Play yang ditetapkan UEFA.

Manchester City

Pelarangan tampil di ajang sekelas Liga Champions dapat menimbulkan efek negatif bagi Manchester City. Berikut lima efek yang diterima Manchester City setelah dilarang tampil di Liga Champions:

1. Menurunnya Semangat Pemain 

Semangat pemain diyakini menurun akibat hukuman di atas. Semangat yang menurun dapat berefek kepada performa Manchester City di sisa musim ini. Sebab, finis di posisi berapa pun pada klasemen Liga Inggris 2019-2020, Manchester City takkan bisa tampil di Liga Champions musim depan.

Baca juga Man City Dilarang Tampil 2 Musim di Liga Champions 

Jika pun mereka keluar sebagai Liga Champions musim ini, Kevin De Bruyne dan kawan-kawan takkan bisa berlaga di ajang yang sama musim depan. Karena itu, jangan heran jika kualitas Manchester City terus menurun musim ini.

2. Kehilangan Pemain Bintang

Pemain bintang memiliki keinginan tampil dan menjuarai Liga Champions di setiap musimnya. Namun, harapan itu tak bisa mereka dapatkan di Manchester City mengingat pada 2020-2021 dan 2021-2022 mereka tak bisa eksis di Liga Champions.

Nama-nama seperti De Bruyne, Raheem Sterling dan Bernardo Silva bukan tak mungkin angkat kaki pada musim panas 2020.

3. Kesulitan Gaet Pemain Bintang

Manchester City biasanya dapat dengan mudah mendatangkan pemain bintang lewat kekuatan uang plus prestasi yang mereka miliki. Namun, pemain bintang mana yang mau bermain di klub yang tak tampil di Liga Champions?  Butuh usaha ekstra bagi The Citizens untuk menarik pemain bintang ke Stadion Etihad.

4. Pendapatan Menurun

Akibat dilarang tampil di Liga Champions, pendapatan Manchester City diyakini menurun. Sebab, Liga Champions merupakan jaminan bagi setiap klub untuk mendapatkan banyak uang. Potensi kerugian Manchester City akibat larangan tersebut mencapai 150 juta pounds atau sekira Rp2,68 Triliun!

5. Ditinggal Josep Guardiola

Josep Guardiola berpotensi meninggalkan Manchester City akhir musim ini. Demi merealisasikan ambisinya memenangkan trofi Liga Champions, Guardiola berpotensi berlabuh ke Juventus yang sejak musim lalu meminatinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini