Barcelona vs Levante, Blaugrana Hanya Mampu Menang Tipis di Estadio Camp Nou

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 46 2162280 barcelona-vs-levante-blaugrana-hanya-mampu-menang-tipis-di-estadio-camp-nou-6BrDOQdweC.jpg Barcelona vs Levante (Foto: Twitter @FCBarcelona)

BARCELONA – Barcelona melakoni lanjutan Liga Spanyol musim 2019-2020 dengan menjamu Levante di Estadio Camp Nou, pada Senin (3/2/2020) dini hari WIB. Tampil menyerang sejak menit awal, Blaugrana –julukan Barca– pun berhasil menutup laga dengan kemenangan 2-1 atas tamunya.

Hasil positif tersebut pun membawa Barca berhasil menjaga jarak dengan pemimpin klasemen sementara Liga Spanyol 2019-2020, yakni Real Madrid. Tim arahan Quique Setien itu hanya terpaut tiga poin saja dari rival abadi mereka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Berstatus sebagai tim tuan rumah, Barca pun langsung menerapkan gaya bermain menyerang sejak menit awal laga kontra Levante. Alhasil, Barca pun nyaris mencetak gol cepat melalui peluang yang didapat oleh sepakan dari Frenkie de Jong. Namun tembakan De Jong masih belum tepat sasaran.

Ketika laga memasuki menit ke-20, Barca kembali mendapatkan peluang untuk bisa membuka keunggulan. Berawal dari umpan matang Jordi Alba, Antoine Griezmann lalu menyambutnya dengan sepakan. Tapi bola hasil sepakan Griezmann masih menyamping di sisi kanan gawang Levante.

Barca akhirnya membuka keunggulan atas Levante tepatnya di menit ke-30 melalui gol yang dicetak Ansu Fati. Memaksimalkan operan dari Lionel Messi, Fati lalu melepaskan sepakan kaki kiri yang tanpa bisa diamankan kiper Levante, Aitor Fernandez. Barca 1-0 Levante.

Hanya berjarak semenit, Fati mampu mencatatkan brace-nya di pertandingan ini sekaligus membawa Barca unggul 2-0 atas Levante. Ya, Fati kembali dimanjakan oleh Messi dengan operan matang, ia pun menyambutnya dengan tembakan yang meluncur di antara kedua kaki Fernandez.

Babak pertama hanya menyisahkan 9 menit lagi, Barca kembali nyaris mencetak gol ketiga mereka di laga ini. Kali ini giliran Nelson Semedo yang hampir mencatatkan namanya di papan skor, jika sepakannya tidak membentur mistar gawang Levante.

Di pengujung babak pertama, Barca kembali gagal memaksimalkan peluang emas mereka jadi gol. Menerima sodoran dari Semedo, Griezmann lalu melepaskan sepakan firs time yang belum tepat sasaran. Hingga 45 menit usai, kedudukan 2-0 untuk keunggulan Barca atas Levante masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Meski telah unggul dua gol, Barca sama sekali tak mengubah gaya bermain mereka di paruh kedua laga kontra Levante. Bahkan mereka hampir saja menambah keunggulan jadi 3-0 atas Levente di menit ke-50, jika sepakan Sergio Busquets tepat sasaran.

Levante yang sedari tadi ditekan, coba keluar menyerang untuk bisa memperkecil kedudukan. Alhasil sebuah peluang emas pun didapat Levante dari sepakan Jose Luis Morales di menit ke-50. Tapi sepakan Morales masih melambung tinggi di atas gawang Barca.

Berjarak lima menit, Levante kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa mengubah papan skor jadi 1-2. Kali ini giliran Ruben Rochina yang hampir mencatatkan namanya di papan skor. Namun sepakan spekulasinya masih berhasil dibaca dengan baik oleh kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen.

Memasuki 20 menit jelang pertandingan berakhir, Barca yang terus menekan kembali mendapatkan peluang emas. Namun lagi-lagi, Barca kembali harus mengubur dalam-dalam harapan mereka mencetak gol ketiga, usai kans yang didapat oleh Ivan Rakitic gagal jadi gol.

Pada menit ke-74, Fati hampir saja mencatatkan hattrick-nya di pertandingan Barca melawan Levante ini. Akan tetapi peluang emas yang didapat pemain berusia 17 tahun tersebut usai memaksimalkan umpan dari Sergi Roberto masih mampu diamankan Fernandez.

Pertandingan hanya menyisahkan 10 menit lagi, Barca kembali tak mampu memaksimalkan peluang emas yang mereka dapatkan. Kali ini giliran tembakan terukur dari Arthur yang masih melambung tipis di atas gawang Levante.

Di pengujung pertandingan, Levante akhirnya mampu memperkecil kedudukan jadi 1-2 dari Barca. Adalah Ruben Rochina yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai tembakan kerasnya dari luar kotak penalti gagal diantisipasi dengan baik oleh Ter Stegen.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya laga, tidak ada gol tambahan yang dicetak kedua tim. Kubu tuan rumah, Barca, berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan 2-1 atas tamunya, Levante.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Arthur 80’); Lionel Messi, Antoine Griezmann (Sergi Roberto 71’), Ansu Fati (Riqui Puig 87’).

Pelatih: Quique Setien

Levante (4-4-2): Aitor Fernandez; Jorge Miramon, Ruben Vezo, Sergio Postigo, Tono; Ruben Rochina, Nikola Vukcevic (Enis Bardhi 80’), Gonzalo Melero (Hernani 60’), Jose Campana; Jose Luis Morales (Borja Mayoral 60’), Roger Marti.

Pelatih: Paco Lopez

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini