Ada atau Tanpa Piala Presiden, Kick Off Liga 1 2020 Tetap 1 Maret

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 15:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 16 49 2153796 ada-atau-tanpa-piala-presiden-kick-off-liga-1-2020-tetap-1-maret-uLSL2s6jvK.jpg Bali United juara Liga 1 2019. (Foto: @BaliUtd)

JAKARTA – Komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB), Gusti Randa, memastikan kick off Liga 1 2020 tetap digelar pada 1 Maret, terlepas ada turnamen Piala Presiden atau tidak. Gusti Randa mengatakan, jika pun Piala Presiden 2020 tetap ada dan digelar pada Februari, diprediksi takkan mengganggu jadwal kick off Liga 1.

Terhitung 2017, Piala Presiden selalu menjadi turnamen pembuka sebelum bergulirnya Liga 1. Ajang tahunan itu pun menjadi arena para pelatih tim yang berkiprah di Liga 1 untuk mematangkan tim.

Bali United

(Bali United juara Liga 1 2019)

Selain itu, tak jarang dari mereka menyeleksi pemain asing di ajang tersebut. Jika tidak sesuai harapan, si pemain asing dicoret. Namun, jika sesuai ekspektasi, pemain asing tersebut akan mendapatkan kontrak permanen.

BACA JUGA: Absen Setahun, Fabiano Siap Rebut Status Bek Utama Persib Bandung

"Kalau dari PT LIB, dari kita selaku operator, memang kita telah membuat sebuah proyeksi kalender itu di tanggal 1 Maret, karena dengan pertimbangan bahwa Piala Presiden bisa kita mulai di Februari awal sehingga ada jeda, lalu 1 Maret. Proyeksi ke depannya adalah ada beberapa agenda FIFA match day yang kalau kita main di tanggal 1 Maret tidak akan dempet atau bentrok," kata Gusti.

Gusti mengatakan, kepastian ada atau tidaknya Piala Presiden baru diketahui setelah 25 Januari 2020, atau setelah PSSI menggelar kongres tahunan di Bali.

"Ya, kira-kira pasti ada Piala Presiden, karena tiap tahun dibuat, tapi kan tanggalnya ini. Jadi, 25 Januari ini PSSI akan kongres, di situ pasti akan diputuskan juga. Kita sendiri, LIB, tanggal 23 Januari (akan RUPS)," lanjut Gusti.

Sebelum mengarungi kompetisi 2020, sejumlah klub gencar mendatangkan pemain anyar. Klub-klub top pun mendatangkan pemain berkategori pemain mahal. Sebut saja Persija Jakarta yang mendaratkan Evan Dimas, Persib (Victor Igbonefo) dan Persebaya Surabaya (Makan Konate). Hal itu mereka lakukan agar dapat bersaing di jalur perebutan juara Liga 1 2020 yang akan diikuti total 18 tim.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini