Liverpool Menang Dramatis atas Aston Villa, Mane Jadi Pahlawan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 03 November 2019 00:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 03 45 2125070 liverpool-menang-dramatis-atas-aston-villa-mane-jadi-pahlawan-Z1xUm6ZBfL.jpg Aston Villa vs Liverpool (Foto: Media Liga Inggris)

BIRMINGHAM – Liverpool meraih kemenangan dengan skor 2-1 kala bertandang ke markas Aston Villa dalam matchday ke-11 Liga Inggris 2019-2020. Kemenangan tersebut didapat Liverpool secara dramatis karena hingga menit ke-85 The Reds sejatinya masih tertinggal 0-1. Akan tetapi Sadio Mane tampil sebagai pahlawan dengan mengkreasikan satu gol dan satu assist di pengujung laga.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Laga dimulai dengan serangan yang lebih dulu dilancarkan para pemain Aston Villa. Belum genap satu menit laga berjalan, kubu tuan rumah sudah langsung menebar ancaman. Anwar El Ghazi melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang mengarah langsung ke gawang Liverpool. Akan tetapi, bola masih bisa diselamatkan.

Para pemain Liverpool tentunya tak tinggal diam dan langsung tampil menekan. Pada menit ke-18 Mohamed Salah melayangkan tendangan dari sudut sulit menggunakan kaki kanannya. Meski bola sudah mengarah tepat, namun masih bisa dihentikan.

Aston Villa vs Liverpool

Alih-alih berusaha mencetak gol lebih dulu, gawang Liverpool justru kebobolan di menit ke-21. Umpan tendangan bebas John McGinn disambut oleh Trezeguet dengan sepakan first time. Bola berhasil melewati kolong Alisson Becker dan membuat Villa unggul 1-0.

Pada menit ke-28 Liverpool sebenarnya berhasil menggetarkan jala gawang Villa melalui Roberto Firmino. Penyerang asal Brasil itu mendapat umpan silang dari Sadio Mane dan langsung mengkonversinya menjadi gol. Sayangnya, wasit menganulir gol tersebut lantaran Firmino berada dalam posisi off-side ketika menerima umpan dari Mane.

Memasuki pengujung babak pertama, Liverpool mendapat peluang melalui skema serangan balik cepat. Sadio Mane yang merangsek ke wilayah pertahanan Vila memberikan umpan tarik kepada Salah yang berada di tengah kotak penalti. Sayangnya, bola sepakan Salah masih melambung jauh. Babak pertama pun usai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Villa.

Babak Kedua:

Mengalami ketertinggalan membuat para pemain Liverpool langsung tampil menggebrak ketika memasuki babak kedua. Sejumlah serangan pun dilancarkan, termasuk peluang yang dibuat Sadio Mane pada menit ke-50. Akan tetapi, sayang sepakannya dari luar kotak penalti masih bisa dibendung Tom Heaton.

Liverpool hampir saja menjebol gawang Villa pada menit ke-59. Trent Alexander-Arnold melayangkan umpan silang ke jantung pertahanan Villa dan langsung disambut dengan sundulan Mane dari jarak yang sangat dekat. Meski begitu, Heaton masih tampil sigap dan menepis datangnya bola.

Tak berhenti sampai di situ, pada menit ke-66 Liverpool melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang Villa. Alex Oxlade-Chamberlain yang baru masuk mendapatkan peluang melepaskan tembakan. Sayangnya, dua kali tendangan yang dilepaskan Chamberlain dapat diblok oleh barisan pertahanan Villa.

Aston Villa vs Liverpool

Liverpool yang berupaya keras menyamakan kedudukan, justru hampir kembali mengalami kebobolan. Serangan balik para pemain Villa membuat baris pertahanan Liverpool kelimpungan. Untungnya, Trezeguet dan kolega gagal melakukan operan dengan sempurna sehingga gawang Liverpool bisa terselamatkan.

Keinginan Liverpool untuk bisa menyeimbangkan skor baru terealisasi di menit ke-87. Umpan silang Mane dari sisi kanan berhasil ditanduk oleh Andy Robertson dan menjebol gawang Villa. Heaton tak bisa berbuat banyak karena bola disundul dari jarak yang sangat dekat. Skor kini sama kuat 1-1.

Pada masa injury time, drama pun terjadi. Pasalnya, Liverpool mampu mencetak gol dan membalikkan keadaan. Umpan tendangan sudut Alexander-Arnold berhasil disundul Mane dan menggetarkan jala gawang Villa. Liverpool unggul 2-1 dan keadaan ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain:

Aston Villa: Tom Heaton; Frederic Guilbert, Bjorn Engels, Tyrone Mings, Matt Targett; John McGinn, Marvelous Nakamba, Douglas Luiz; Anwar El Ghazi, Wesley, Trezeguet.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Adam Lallana; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini