nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liverpool Singkirkan Arsenal dari Piala Liga Inggris 2019-2020

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 04:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 31 45 2123903 liverpool-singkirkan-arsenal-dari-piala-liga-inggris-2019-2020-0q4EneV93A.jpg Liverpool vs Arsenal (Foto: Twitter @LFC)

LIVERPOOL – Liverpool melakoni laga babak 16 Besar Piala Liga Inggris musim 2019-2020 dengan menjamu Arsenal di Anfield Stadium, pada Kamis (31/10/2019) dini hari WIB. Tampil menekan, Liverpool puas menyudahi laga dengan kemenangan atas Arsenal melalui drama adu penalti.

Laga antara Liverpool melawan Arsenal sendiri memang hujan gol, yang mana 10 gol tercipta di waktu normal. Kondisi 5-5 membuat laga ini berlanjut ke babak adu penalti, di mana Liverpool mampu menutup adu penalti dengan kemenangan 5-4 atas tamunya tersebut.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Berstatus tuan rumah, Liverpool langsung memberikan tekanan ke pertahanan Arsenal pada menit-menit awal babak pertama laga ini. Liverpool nyaris membuka keunggulan atas Arsenal, jika peluang emas yang didapat oleh Rhian Brewster berhasil jadi gol.

Liverpool berhasil membuka keunggulan mereka atas Arsenal pada menit ke-6 melalui gol bunuh diri yang dicetak oleh Shkodran Mustafi. Mustafi yang bermaksud menghalau bola sepakan Alex Oxlade-Chamberlain, justru membuat arah bola berubah dan masuk ke gawangnya sendiri.

Tertinggal satu gol memaksa Arsenal tampil lebih menyerang ke pertahanan Liverpool. Alhasil mereka pun berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-19 melalui gol Lucas Torreira. Torreira berhasil memaksimalkan bola rebound hasil tembakan dari Bukayo Saka dengan sepakan kaki kirinya.

Berjarak tujuh menit, Arsenal justru berbalik unggul 2-1 atas Liverpool. Adalah Gabriel Martinelli yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Pemain asal Brasil itu berhasil melepaskan sepakan yang gagal diantisipasi oleh kiper Liverpool, Caoimhin Kelleher.

Gabriel Martinelli

Liverpool pun coba bangkit untuk bisa membuat kedudukan kembali seimbang. Namun sejumlah upaya Liverpool untuk bisa mencetak gol kedua di laga ini melalui aksi dari Naby Keita serta Divock Origi masih berhasil diamankan oleh lini pertahanan Arsenal.

Alih-alih bisa menyamakan kedudukan, Liverpool justru harus kembali melihat gawang mereka dibobol. Kembali Martinelli jadi momok untuk pertahanan Arsenal, usai sepakannya yang memanfaatkan umpan dari Saka meluncur deras ke dalam gawang Liverpool. Arsenal unggul 3-1 atas Liverpool.

Di pengujung babak pertama, Liverpool berhasil memperkecil kedudukan jadi 2-3 dari Liverpool melalui tembakan penalti James Milner. Liverpool mendapatkan hadiah penalti usai Martinelli melanggar Harvey Elliott di kotak terlarang. Milner pun melakukan tugasnya tersebut dengan sangat baik.

Liverpool hampir saja bisa menyamakan kedudukan, jika sundulan Origi yang memaksimalkan umpan silang Sepp van der Berg tak melambung di atas gawang Arsenal. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 2-3 untuk keunggulan Arsenal atas Liverpool masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Liverpool yang tengah tertinggal satu gol, langsung mengambil inisiatif serangan pada awal babak kedua laga kontra Arsenal. Liverpool hampir bisa menyamakan kedudukan jadi 3-3, jika peluang emas yang didapat oleh Adam Lallana melalui tembakannya mampu tepat sasaran.

Akan tetapi di menit ke-54, Arsenal mampu kembali memperbesar keunggulan jadi 4-2 atas Liverpool. Berawal dari blunder James Milner, Mesut Ozil yang mendapatkan bola liar lalu mengirimkan umpan kepada Ainsley Maitland-Niles yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh pemain berusia 22 tahun itu.

Berjarak empat menit, Liverpool kembali mampu memperkecil kedudukan jadi 3-4 dari Liverpool. Adalah Oxlade-Chamberlain yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai sepakan dari luar kotak penalti tak mampu diamankan oleh kiper Arsenal, Emiliano Martinez.

Liverpool akhirnya mampu menyamakan kedudukan jadi 4-4 pada menit ke-64. Kali ini giliran Origi yang berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Martinez. Memanfaatkan operan dari Curtis Jones, Origi lalu melepaskan sepakan yang meluncur deras ke dalam gawang Arsenal.

Gol Origi seakan-akan memberikan suntikan semangat untuk para pemain Liverpool untuk bisa berbalik unggul atas Arsenal. Namun beberapa kesempatan yang didapat Liverpool untuk bisa berbalik unggul atas Arsenal masih gagal.

Arsenal justru yang berhasil mendapatkan gol kelimanya pada laga ini tepatnya di menit ke-70 melalui sepakan indah yang dilepaskan oleh Joe Willock. Menerima sodoran matang dari Matteo Guendouzi, Willock lalu melepaskan tembakan keras yang tak mampu digapai Kelleher. Arsenal 5-4 Liverpool.

Liverpool vs Arsenal

Memasuki 10 menit jelang laga usai, Liverpool kembali mendapatkan peluang untuk bisa menyamakan kedudukan. Akan tetapi, peluang emas yang didapat Liverpool melalui aksi Elliot masih berhasil diamankan oleh Martinez.

Di pengujung pertandingan, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan melalui gol kedua Origi. Penyerang berpaspor Belgia tersebut berhasil mencetak gol melalui sepakan voli, usai memaksimalkan umpan silang dari Neco Williams.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya laga, tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Laga antara Liverpool melawan Arsenal yang berakhir 5-5 di waktu normal harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, Liverpool justru lebih beruntung ketimbang Arsenal. Ya, dari kelima eksekutor penalti Liverpool berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara Arsenal, hanya empat eksekutor penalti yang mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Sementara Ceballos yang dipercaya sebagai penendang penalti ketiga Arsenal gagal melakukan pekerjaannya. Tembakan Ceballos yang mengarah ke sudut kanan gawang Liverpool, berhasil dibaca dengan baik oleh Kelleher.

Liverpool pun berhasil menutup drama adu penalti dengan keunggulan 5-4 atas Arsenal. Kemenangan ini pun memastikan langkah The Reds –julukan Liverpool– melaju ke babak perempatfinal Liga Inggris 2019-2020

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Caoimhin Kelleher; Neco Williams, Joe Gomez, Sepp van der Berg, James Milner; Alex Oxlade-Chamberlain (Chirivella 81’), Adam Lallana, Naby Keita (Curtis Jones 55’); Harvey Elliott, Divock Origi, Rhian Brewster.

Pelatih: Jurgen Klopp

Arsenal (4-2-3-1): Emiliano Martinez; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, Rob Holding, Sead Kolasinac (Kieran Tierney 83’); Lucas Torreira (Dani Ceballos 73’), Joe Willock; Ainsley Maitland-Niles, Mesut Ozil (Matteo Guendouzi 65’), Bukayo Saka; Gabriel Martinelli.

Pelatih: Unai Emery

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini