nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idolai Luke Shaw, Pemain Timnas Indonesia U-18 Justru Mentas di Bek Tengah

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 12:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 15 51 2092191 idolai-luke-shaw-pemain-timnas-indonesia-u-18-justru-mentas-di-bek-tengah-4KCilqOTVB.jpg Luke Shaw jadi pemain yang diidolai Dewa. (Foto: @LukeShaw23)

HO CHI MINH CITY Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-18 memiliki nama baru untuk diandalkan sebagai bek tengah. Nama yang dimaksud adalah Alfeandra Dewangga, pemain yang dulunya tidak disertakan pelatih Fakhri Husaini di skuad Timnas Indonesia U-16.

Meski berperan sebagai bek tengah, ternyata bek kelahiran Semarang itu justru mengidolai fullback kiri Manchester United, Luke Shaw. Usut punya usut, Dewa –sapaan akrab Dewangga– awalnya berposisi sebagai fullback kiri.

Alfeandra Dewangga

Ia bermain di posisi tersebut saat menjalani pendidikan di PPLP Jawa Tengah. Hanya sja ketika mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-18, pelatih Fakhri melihat Dewa lebih cocok ditempatkan sebagai bek tengah dan bertahan hingga kini.

“Ya, saya salah satu penggemar Luke Shaw, senang melihatnya bermain, sangat tenang dalam menjaga pertahanan Manchester United saat ini. Itu yang memberikan inspirasi saya dalam bermain,” kata Dewa mengutip dari laman resmi PSSI, Kamis (15/8/2019).

BACA JUGA: Menilik Calon Lawan Timnas Indonesia U-18 di Semifinal Piala AFF U-18 2019

“Jadi begini, sebelum saya bermain di posisi pemain belakang, saya mengikuti seleksi PPLP Jawa Tengah dengan mencoba posisi bek kiri dan Alhamdulillah saya terpilih. Nah, saat seleksi di Cikarang bersama coach Fakhri, mungkin beliau melihat potensi saya sebagai bek tengah. Akhirnya saya seperti ini dan saya menikmatinya,” lanjut bek 18 tahun itu.

Uniknya lagi, Dewa awalnya bermain di posisi depan saat membela salah satu sekolah sepakbola di Semarang. Hanya saja ketika mengikuti seleksi di PPLP Jawa Tengah, ia berperan sebagai fullback kiri dan kini mentas di posisi bek tengah.

Alfeandra Dewangga

Meski begitu, Dewa tidak mempermasalahkan di mana dirinya bermain. Sekarang, misi Dewa sangat jelas yakni mengantarkan Timnas Indonesia U-18 kampiun Piala AFF U-18 2019. Pada Sabtu 17 Agustus 2019, skuad Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-18– akan menghadapi runner-up Grup B di semifinal Piala AFF U-18 2019.

Profil Singkat Pemain

Nama: Alfeandra Dewangga Santosa

Panggilan: Dewa

Tempat tanggal lahir: Semarang, 28 juni 2001

Asal Akademi: PPLP Jawa Tengah

Pemain Idola: Luke Shaw (Manchester United)

Nomor Punggung: 19

Karir bermain: Tim Nasional Indonesia U-18

Gelar Pribadi: Runner up Asian School Games (Iran) dan (India) tahun 2017 dan 2018

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini