nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wesley Sneijder Tutup Karier sebagai Pemain Profesional

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 02:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 13 51 2091123 wesley-sneijder-tutup-karier-sebagai-pemain-profesional-zuEarRuFNh.jpg Wesley Sneijder (Foto: Twitter/@Inter_en)

UTRECHT Wesley Sneijder telah resmi mengumumkan akhir kariernya sebagai pemain profesional pada Selasa (13/8/2019). Sneijder mengikuti jejak Robin van Persie dan Arjen Robben yang lebih dulu memutuskan pensiun pada akhir musim lalu.

Sneijder pensiun setelah klub Liga Qatar, Al Gharafah, tak memperpanjang kontraknya sejak akhir musim lalu. Al Gharafah mendapatkan jasa Sneijder 18 bulan lalu tepatnya pada 5 Januari 2019 dari OGC Nice secara gratis.

Sneijder menorehkan 16 gol dan enam assist untuk Al Gharafah dalam 18 bulan pengabdiannya untuk klub Liga Qatar tersebut. Torehan itu membuat Sneijder meraih satu trofi bersama Al Gharafah sehingga ia bisa menutup karier dengan manis.

Wesley Sneijder bersama Al Gharafah (Foto: Twitter/@sneijder101010)

Sneijder akan bergabung dengan klub bisnis FC Utrecth setelah memutuskan gantung sepatu. Pria berusia 35 tahun itu akan menempati box khusus di Stadion Galgenwaard untuk menonton setiap pertandingan Utrecth. Utrecth adalah klub dari kota kelahiran Sneijder tetapi ia justru tak pernah membelanya.

BACA JUGA: Sneijder Bujuk Van de Beek untuk Terima Tawaran Real Madrid

Meski demikian, setelah pensiun Sneijder berkesempatan untuk memberikan kontribusi kepada Utrecht. Eks pemain Inter itu akan berusaha semaksimal mungkin untuk berbagi pengalaman dengan para penggawa Utrecht.

“Saya memiliki banyak cinta untuk kota ini. Sekarang setelah berhenti bermain, saya ingin tempat yang bagus untuk berbagi pengalaman," ungkap Sneijder, seperti yang dikutip dari Goal, Selasa (13/8/2019).

Wesley Sneijder bersama Timnas Belanda (Foto: Twitter/@sneijder101010)

Sneijder pensiun dengan membawa segudang prestasi yang dapat dibanggakan. Sneijder secara keseluruhan telah membuat 152 gol dan 142 assist dalam 573 pertandingan yang dilakoni. Catatan apik itu membawa Sneijder merengkuh 20 trofi sepanjang kariernya.

Sneijder pernah membela tim-tim besar Eropa seperti Ajax Amsterdam, Real Madrid, Inter Milan dan Galatasaray. Akan tetapi, karier pria berusia 35 tahun itu paling bersinar saat membela La Beneamata –julukan Inter. Sneijder adalah bagian dari Inter asuhan Jose Mourinho yang meraih treble winners pada musim 2009-2010. Sneijder bersama Inter menjadi kampiun Liga Italia, Copa Italia dan Liga Champions pada musim tersebut.

Pensiunnya Sneijder menandakan bahwa sepakbola dunia sedang bergerak maju untuk menelurkan bakat-bakat baru. Mereka yang baru lahir tersebut akan mewarnai persaingan di sepakbola dunia dalam kurun waktu 10 sampai 12 tahun ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini