Gol Gabriel Jesus Jadi Korban Pertama VAR di Liga Inggris

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 21:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 10 45 2090343 gol-gabriel-jesus-jadi-korban-pertama-var-di-liga-inggris-o7zziY6P2r.jpg Gol Gabriel Jesus jadi korban pertama VAR di Liga Inggris 2019-2020 (Foto: Premier League)

LONDON – Perangkat video assistant referee (VAR) di Liga Inggris 2019-2020 akhirnya memakan korban. Gol penyerang Manchester City, Gabriel Jesus, pada babak kedua dianulir oleh wasit Mike Dean karena terlebih dahulu terjadi pelanggaran offside setelah melihat tayangan ulang.

VAR sesungguhnya sudah memulai debut di Liga Inggris pada laga Liverpool kontra Norwich City, Sabtu (10/8/2019) dini hari WIB. Akan tetapi, tidak ada keputusan penting yang harus dicek melalui VAR sehingga perangkat tersebut tidak digunakan.

Raheem Sterling lebih dulu offside sebelum melepas umpan ke Gabriel Jesus (Foto: Premier League)

Baca juga: Sterling Cetak Hattrick, Man City Gilas West Ham 5-0

Sebaliknya pada laga West Ham United vs Man City di Stadion London. Gabriel Jesus sempat berteriak gembira usai mencetak gol keduanya di menit 53. Penyerang asal Brasil itu sukses memanfaatkan umpan matang dari Raheem Sterling.

Melansir dari Reuters, Sabtu (10/8/2019), wasit Mike Dean menganulir gol tersebut setelah melihat tayangan VAR. Raheem Sterling sudah berada dalam posisi offside sebelum melepas umpan ke Gabriel Jesus. Gol tersebut menjadi yang pertama yang dianulir oleh VAR di Liga Inggris 2019-2020.

Menariknya, VAR kembali dipakai di laga tersebut untuk menentukan keputusan penalti di menit ke-83. Pelanggaran diberikan oleh wasit Mike Dean setelah Riyad Mahrez diganjar oleh bek West Ham United, Issa Diop, di kotak terlarang.

VAR mengecek keabsahan gol Man City (Foto: Premier League)

Wasit berkebangsaan Inggris itu sempat berkonsultasi dengan VAR sebelum akhirnya mengesahkan hukuman penalti. Sergio Aguero sukses menjadi algojo untuk mengubah kedudukan menjadi 4-0. Pesta gol Man City ditutup hattrick Raheem Sterling di injury time untuk menggenapkan skor 5-0.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini