Jadi Tamu Kehormatan, Persija Disambut Tari Paduppa Oleh Warga Makassar

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 06 Agustus 2019 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 06 49 2088160 jadi-tamu-kehormatan-persija-disambut-tari-paduppa-oleh-warga-makassar-j3BN5Dq8pP.jpg Pemain Persija disambut menggunakan Tari Paduppa (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR - Persija Jakarta tiba di Bandara Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan Senin 5 Agustus 2019. Mereka tiba sekitar pukul 18.34 WITA. Selanjutnya, para pemain pun dikawal ketat oleh aparat kepolsian menuju hotel. Di sana tim di sambut tari Paduppa oleh warga Makassar saat memasuki hotel di Makassar.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan antusias luar biasa dari warga dalam menyambut tim Persija Jakarta saat tiba di Makassar dengan tarian Paduppa. 

"Luar biasa antusias warga Makassar. Persija disambut dengan tarian Paduppa yang artinya menyambut tamu kehormatan atau tamu yang diagungkan," kata Dicky kepada Okezone, Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Pelatih Persija Tahu Cara Kalahkan PSM di Final Kratingdaeng Piala Indonesia

Pemain Persija disambut Tari Paduppa

Dijelaskan Dicky, tari paduppa adalah tari penyambutan khas dari daerah Sulawesi Selatan yang digunakan dalam acara penyambutan tamu-tamu penting dan tamu kehormatan.

"Tarian ini biasanya dibawakan pada acara resmi seperti upacara pernikahan, seminar, pertemuan-pertemuan pejabat, serta acara penting lainnya," ungkap Dicky.

Tim Persija disambut oleh para gadis-gadis penari yang berjumlah ganjil. Pakaian yang digunakan dalam tari paduppa adalah baju bodo pakaian adat suku bugis-makassar sarung sutra, lengkap dengan aksesorisnya.

Ketika menarikan tarian ini, penari membawa bosara, yaitu sejenis wadah untuk menyimpan kue, bosara ini berbentuk bulat dengan pegangan dibagian bawahnya. Bosara diisi beras, buah pinang, daun sirih serta lilin dibagian tengahnya yang kesan sakral sangat terasa.

Hampir keseluruhan gerakan dalam tarian ini adalah gerakan penghormatan dipadukan dengan gerakan menyebar beras isi dari bosara sebagai tanda penghormatan dan doa kepada para tamu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini