nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Calon Peraih Trofi Ballon dOr 2019 per Agustus, Nomor 1 Masih yang Terkuat

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 12:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 05 51 2087808 5-calon-peraih-trofi-ballon-dor-2019-per-agustus-nomor-1-masih-yang-terkuat-BnVqhm2xnG.jpg Virgil van Dijk (Foto: UEFA)

SETELAH liburan musim panas yang panjang, musim reguler akan segera dimulai. Di luar lapangan, periode ke depan akan memasuki musim berbagai penghargaan individu. Penghargaan seperti UEFA dan Pemain Terbaik FIFA serta Ballon dOr akan siap diperebutkan dalam beberapa bulan ke depan.

Ballon dOr adalah penghargaan setiap tahun yang sudah dimulai sejak 1956. Secara luas, Ballon dOr sering disebut sebagai penghargaan tertinggi yang bisa diraih oleh seorang pemain. Setiap tahun perlombaan untuk Ballon dOr biasanya sangat dinantikan.

Penghargaan biasanya diberikan pada Desember. Tentu dengan sisa waktu lima bulan, kita bisa memprediksi siapa saja yang akan difavoritkan meraih Ballon dOr pada tahun ini. Karena itu, Okezone akan mencoba membahas dan memprediksi lima favorit teratas untuk meraih Ballon dOr 2019 hingga Agustus. Berikut kelima nama tersebut.

5. Bernardo Silva (Portugal / Manchester City)

Silva adalah salah satu bintang tim Monaco yang akhirnya berlabuh ke Manchester City pada 2017. Bersama Man City, Silva tampil cemerlang di lini tengah. Ia bahkan mampu mengantarkan Man City menjuarai Liga Inggris secara berturut-turut sejak musim 2017-2018 hingga 2018-2019.

Pada musim lalu, cedera panjang yang diraih Kevin de Bruyne membuat Silva mendapat kesempatan besar untuk tampil sebagai tim inti. Kepercayaan yang diberikan Pep Guardiola pun mampu dilakukan dengan baik hingga membawa Man City juara Liga Inggris melawan persaingan sengit dengan Liverpool.

Secara total, pemain berusia 24 tahun itu mencetak 13 gol dan menciptakan 14 assist di semua kompetisi untuk Man City. Pada level internasional, ia juga menjadi bintang dengan membantu Portugal memenangkan UEFA Nations League pertama dan dinobatkan sebagai permain terbaik turnamen.

Berkat penampilan apiknya di Man City dan Portugal, Bernardo Silva berada di posisi kelima dalam perlombaan Ballon dOr 2019. Untuk beberapa alasan menggelikan, FIFA tidak menganggapnya pantas untuk menyebut Bernardo Silva berada di 10 nominasi untuk Pemain Pria Terbaik 2019. Tetapi, mudah-mudahan France Football akan menyebutkan namanya.

Bernardo Silva

4. Cristiano Ronaldo (Portugal / Juventus)

Cristiano Ronaldo adalah pemegang rekor penghargaan ini, setelah memenangkannya lima kali sama dengan saingan beratnya, Lionel Messi. Pada musim lalu, Ronaldo memulai babak baru dalam kariernya bersama Juventus setelah sembilan musim membintangi Real Madrid.

Meski permulaannya lambat, tetapi ia masih mengakhiri musim 2018-2019 bersama Juventus dengan sangat baik. Ronaldo mengakhiri musim lalu dengan 28 gol dan 10 assist dalam 43 pertandingan di semua kompetisi musim lalu.

Walaupun Ronaldo hanya mampu mengantarkan Juventus menjuarai Liga Italia dan Super Coppa Italia, tetapi pemain berusia 34 tahun itu memiliki prestasi apik ketika mengantarkan negaranya menjadi juara UEFA Nations League di tanah kelahirannya.

Keberadaan Ronaldo di Portugal sangatlah besar. Meski tidak berperan dalam penyisihan grup, tetapi Ronaldo memimpin timnya di laga keras melawan Swiss di semifinal dengan mencetak hattrick.

Setelah musim lalu, prestasinya di Ballon dOr dirusak Luka Modric, Ronaldo kembali berpeluang meraih prestasi apik pada tahun ini.

Cristiano Ronaldo

3. Alisson Becker (Brasil / Liverpool)

Alisson akan berusaha menjadi kiper kedua yang mengklaim titel Ballon dOr. Pemain berusia 26 tahun itu menjadi penjaga gawang termahal di dunia ketika datang ke Liverpool dari AS Roma. Pemain berpaspor Brasil itu pun mampu membuktikan nilai itu ketika hadir di Liverpool.

Dia membintangi semua 38 pertandingan Liga Inggris untuk Liverpool. Ia menjaga 21 clean sheet untuk memenangkan Golden Glove dan juga mencetak rekor klub dengan membawa Liverpool tak terkalahkan berturut-turut di Liga Inggris.

Alisson juga sangat penting bagi kemenangan Liverpool di Liga Champions. Ia melakukan sejumlah penyelamatan kritis dan menjaga enam clean sheet untuk membantu The Reds meraih trofi pertama mereka di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Akan tetapi itu belum usai, ia juga berperan dalam kemenangan Brasil menjuarai Copa America 2019 di kandang. Ia hanya kebobolan satu gol dari enam pertandingan dan membuat aksi fenomenal ketika membantu Brasil memenangi laga adu penalti melawan Paraguay di perempatfinal.

Secara total, Alisson mempertahankan 32 cleansheet dari 55 pertandingan kompetitif di semua kompetisi. Ia juga memenangkan Golden Glove di ketiga kompetisi yang ia ikuti musim lalu. Karena itu, ia dipercaya bisa menjadi favorit memenangi trofi Ballon dOr pada tahun ini.

Alisson Becker

2. Lionel Messi (Argentina / Barcelona)

Messi menjadi pemain pertama yang memenangkan empat Ballon dOr secara berturut-turut sejak 2009 hingga 2012. Namun, sejak itu ia hanya memenangkan satu titell pada 2015 dan setelah itu nihil trofi.

Tahun lalu, Messi hilang dari posisi tiga besar Ballon dOr untuk pertama kalinya dalam 12 tahun. Hal itu tentu menjadi pukulan besar bagi Messi. Musim lalu, ia keluar untuk membungkam keraguan. Ia berhasil mengantarkan Barcelona meraih titel Liga Spanyol 2018-2019 dengan luar biasa.

Tetapi kerugian besar harus dihadapi Messi ketika gagal membawa Barcelona juara Liga Champions dan Copa del Rey. Belum lagi di Copa America 2019, ia juga gagal membawa Argentina keluar sebagai juara dan terhenti di semifinal.

Akan tetapi, Messi masih mengakhiri musim lalu dengan 51 gol dan 22 assist di semua kompetisi. Catatan itu pun membuat Messi memenangkan Sepatu Emas Liga Champions dan Eropa. Jelas angkat tersebut bukan hal biasa. Meski gagal membawa Barcelona dan Argentina mendapatkan piala yang dicari, tetapi Messi masih bisa dikategorikan sebagai calon kuat pemenang Ballon dOr 2019.

Lionel Messi

1. Virgil van Djik (Belanda / Liverpool)

Liverpool selalu dikenal sebagai tim yang mampu menantang gelar juara. Tetapi kesalahan yang sama selalu dimiliki Liverpool dengan pertahanannya yang rapuh. Beruntung Jurgen Klopp sangat paham betul tentang masalah ini.

Ia kemudian menyetejui tentang pembelian Virgil van Dijk dengan jumlah yang tak sedikit pada Januari 2018. Meski sebelumnya banyak yang mengkritik tentang pembelian pemain berpaspor Beland itu, tetapi saat ini pasti tidak ada yang mengeluh.

Setelah membintangi setenga musim pertamanya bersama klub, pemain berusia 27 tahun itu tiba-tiba meledak pada musim lalu. Ia berperan sebagai penentu keunggulan tim yang hanya kebobolan 21 gol sepanjang musim dan mencetak rekor pertahanan terbaik di liga.

Berdasarkan catatan, Van Dijk melakukan 38 tekel dengan rasio keberhasilan 74% dan membuat 40 intersepsi. Lebih jauh lagi, dari 322 deul yang dilakukan, dia berhasil dalam 244 kali serta mampu membuat 199 clearences.

Selain keberhasilannya bersama klub, ia juga menjadi kapten Timnas Belanda dan membawa mereka keluar sebagai runner-up di UEFA Nations League. Catatan itu membuat Van Dijk dinominasikan secara kuat untuk menjadi pemain bertahan keempat untuk memenangkan Ballon dOr pada tahun ini.

Virgil Van Dijk

1
5

Berita Terkait

Soccer Time

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini