Share

8 Fakta Laga Arema FC vs Persib Bandung, Nomor 1 Ditunggu-tunggu Aremania

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 31 Juli 2019 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 31 49 2086027 8-fakta-laga-arema-fc-vs-persib-bandung-nomor-1-ditunggu-tunggu-aremania-bNqcghyzO8.jpg Arema FC menang telak 5-1 atas Persib. (Foto: @AremaFCOfficial)

PASCALAGA bigmatch antara Arema FC vs Persib Bandung yang berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan tim tuan rumah, ada sejumlah fakta menarik. Apa saja fakta-fakta yang tersaji?

Berikut 8 fakta laga Arema FC vs Persib Bandung:

8. Laga Tunda Pekan Ke-4 Liga 1 2019

Arema FC

Sedianya laga Arema FC vs Persib Bandung merupakan laga pekan ke-4 yang digelar pada 14 Juni 2019. Namun, karena ada sejumlah agenda Tim Nasional dan beberapa alasan lainnya, laga tersebut ditunda.

7. Insiden Mogoknya Bus Persib

Saat perjalanan menuju Malang dari Surabaya, skuad Maung Bandung - julukan Persib, mengalami hal yang tidak mengenakkan. Saat itu, bus yang mereka tumpangi mengalami kerusakan mesin dan mogok di Jalan Tol Surabaya-Malang pada Minggu 28 Juli 2019.

Bahkan pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts merekam sendiri kejadian tersebut dan menggunggahnya di akun instagram miliknya. Ketua Panpel Arema FC Abdul Haris sendiri telah meminta maaf atas insiden tersebut dan telah memberikan klarifikasi kepada manajemen Persib.

"Kami meminta maaf atas kejadian di luar dugaan kemarin di mana bus ada kerusakan mesin," ungkap Haris.

6. Teror Saat Latihan

Psywar dengan melakukan teror dilakukan oknum suporter Arema saat Persib melakukan latihan resmi pada Senin 29 Juli 2019 sore WIB. Saat akan kembali ke hotel, bus yang ditumpangi skuad Persib 'diserang' sekelompok suporter.

Video teror kepada pemain Persib ini viral di media sosial. Dalam video tersebut tampak para suporter tuan rumah 'menyerang' bus yang tampak tak begitu dikawal ketat aparat keamanan.

5. Insiden Pelemparan Petasan dan Flare ke Hotel

Hotel

Beberapa jam sebelum pertandingan berlangsung, sekelompok orang datang dan meneror skuad Persib yang tengah menginap di hotel di kawasan Jalan Letjen Sutoyo, Kota Malang. Media Officer Persib Bandung M. Jatnika Sadili mengatakan setidaknya ada puluhan orang 'menyerang' hotel dengan berbagai macam petasan dan kembang api.

"Kami sangat menyesalkan kejadian tersebut karena tidak ada pihak keamanan yang disediakan pihak Panpel Arema saat insiden dan sesudah insiden," bebernya.

Sementara itu, Wakapolres Malang Kota Kompol Arie Trestiawan membantah bila tak ada pengamanan di hotel tempat Persib menginap. "Kami setiap hari ada 8 personel untuk pengamanan terbuka dan 3 personel pengamanan tertutup untuk Persib," tutur Arie.

Akibat insiden tersebut, pelatih Robert Rene Alberts mengklaim pemainnya kurang waktu istirahat sehingga menyebabkan kekalahan telak 1-5 dari Arema FC.

4. Ketatnya Pengamanan di Stadion Kanjuruhan

Arema FC

Laga bigmatch antara Arema FC vs Persib Bandung mendapat perhatian aparat keamanan. Bahkan untuk mengamankan skuad Persib Bandung, kepolisian menyiapkan 4 unit barracuda, 3 truk polisi, dan belasan sepeda motor dengan polisi bersenjata lengkap saat mengantarkan Persib dari hotel menuju stadion.

Persib Bandung

Di stadion sendiri, polisi sudah menseterilkan area di sekitar tribun VVIP di mana skuad Persib akan masuk. Bahkan setiap penonton yang masuk stadion pun diperiksa aparat keamanan dengan ketat. Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan setidaknya ada 1.300 personel disiapkan untuk pengamanan laga tersebut.

"Protap kami memang kalau laga biasa kamu siapkan 500-600 personel, tapi kalau laga bigmatch seperti tadi kami siapkan 1.300 personel keamanan," tuturnya.

3. Rekor Skor Terbesar Lawan Persib

Skor 5-1 antara Arema FC vs Persib Bandung ini menjadi skor terbesar yang tercetak di sepanjang pertemuan kedua tim. Terakhir rekor skor terbesar yakni 3-0 pada ajang Piala Indonesia 2010. Saat itu, Arema FC yang bertindak sebagai tuan rumah mengungguli Maung Bandung –julukan Persib.

2. Adanya Flare dan Bom Asap

Flare

Kemenangan Arema FC vs Persib Bandung kembali ternoda lantaran ulah suporternya di tribun selatan yang menyalakan flare pasca-pertandingan. Flare menyala di sisi selatan tribun VIP saat wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Petugas keamanan pun dengan sigap mematikan flare tersebut.

1. Peluang Juara Arema FC Terbuka

Kemenangan atas Persib membuat Singo Edan - julukan Arema FC- telah mengoleksi 18 angka dari 10 pertandingan dan duduk di posisi empat. Di puncak klasemen sendiri ditempati PS TIRA-Persikabo yang meraih 23 poin dari 11 pertandingan.

"Arema harus berpikir dan fokus dari laga ke laga. PS TIRA unggul jumlah pertandingan dari kami. Kalau kamo fokus menjalani pertandingan demi pertandingan dengan baik kami baru bicara kans juara," kata pelatih Arema, Milomir Seslija.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini