nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suarez Gagal Penalti, Timnas Uruguay Disingkirkan Peru dari Copa America 2019

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 30 Juni 2019 04:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 30 51 2072714 suarez-gagal-penalti-timnas-uruguay-disingkirkan-peru-dari-copa-america-2019-ofd8P45rKs.jpg Luis Suarez vs Peru (Foto: Twitter/@Uruguay)

SALVADOR – Tim Nasional (Timnas) Uruguay melakoni pertandingan perempatfinal Copa America 2019 dengan melawan Peru di Arena Fonte Nova, Minggu (30/6/2019), dini hari WIB. Timnas Uruguay yang unggul secara kualitas lebih banyak merepotkan pertahanan Peru.

Namun, Peru berusah keluar dari tekanan Luis Suarez dan kawan-kawan dan balik melancarkan serangan. Pertadingan yang berjalan dengan ketat itu pun harus diteruskan hingga babak adu penalti karena skor kacamata bertahan hingga 90 menit. Pada babak adu penalti, Timnas Uruguay harus rela kalah 4-5 dari Peru karena Suarez gagal mencetak gol dari titik putih.

Jalanya Pertandingan

Babak Pertama

Pada menit awal babak pertama, Peru langsung keluar untuk melancarkan serangan ke pertahanan Timnas Uruguay. Akan tetapi, serangan yang dibangun Peru tak mampu menembus sepertiga akhir pertahanan Timnas Uruguay.

Pertahanan Timnas Uruguay yang digalang bek sarat pengalaman seperti Diego Godin masih cukup kukuh pada menit-menit awal. Setelah mementahkan serangan Peru, Timnas Uruguay pun balik melakukan serangan.

Suarez jadi ancaman nyata untuk pertahan Peru selama 14 menit babak pertama berjalan. Usaha pemain Barcelona itu untuk membuat gol hampir berbuah hasil tetapi sundulannya pada menit ke-15 hanya berbuah tendangan gawang saja.

Uruguay vs Peru (Foto: Twitter/@Uruguay)

Setelah itu, rekan Suarez di lini depan yakni Edinson Cavani melewatkan kesempatan emas untuk membawa Timnas Uruguay unggul satu gol. Cavani yang mendapatkan bola liar gagal mencetak gol kendati hanya berjarak beberapa meter saja dari gawang Peru.

Kegagalan sebelumnya tidak membuat Timnas Uruguay patah semangat. Tim asuhan Oscar Tabarez itu tetap berusaha keras untuk mencetak gol meskipun pada akhirnya babak pertama harus ditutup dengan skor kacamata.

Babak Kedua

Timnas Uruguay berusaha untuk melanjutkan tekanan yang mereka bangun di 45 menit pertama pada babak kedua. Akan tetapi, Peru menunjukkan permainan yang sedikit berbeda di babak kedua dengan berani memegang bola lebih lama.

Perubahan permainan Peru membuat Timnas Uruguay sedikit kebingungan sehingga beberapa kali menerima tekanan. Peru yang mendapatkan angin pada babak kedua berusaha untuk memanfaatkan hal itu guna mencetak gol.

Serangan yang dibangun Peru membuat Godin dan kawan-kawan di lini pertahanan Timnas Uruguay harus bekerja dengan amat keras. Pada menit 55, Godin bahkan membuat penyelamatan penting guna menjaga kesucian gawang Timnas Uruguay.

Uruguay vs Peru (Foto: Twitter/@Uruguay)

Selang empat menit kemudian, Cavani membuat pendukung Timnas Uruguay bersorak dengan golnya ke gawang Peru. Akan tetapi, kegembiraan itu harus terhenti karena wasit menilai Cavani dalam posisi offside.

Setelah itu. kedua tim saling melancarkan jual beli serangan tetapi tidak ada yang berbuah gol. Alhasil, laga pun harus dilanjutkan hingga babak adu penalti untuk menentukan tim yang lolos ke semifinal Copa America 2019.

Patut disayangkan, Timnas Uruguay harus gigi jari pada babak adu penalti setelah takluk 4-5 dari Peru. Semua eksekutor penalti Peru menjalankan tugasnya dengan baik sedangkan Suarez gagal mencetak gol sehingga Timnas Uruguay pun harus gugur dari Copa America 2019.

Berikut susunan pemain Timnas Uruguay vs Peru di Copa America 2019.

Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera; Giovanni Gonzalez, Jose Gimenez, Diego Godin, Martin Caceres; Nahitan Nandez, Rodrigo Bentancur, Federico Valverde, Giorgian de Arrascaeta; Luis Suarez, Edinson Cavani.

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese; Luis Advincula, Luis Abram, Carlos Zambrano, Miguel Trauco; Yoshimar Yotun, Renato Tapia; Andre Carrillo, Christian Cueva, Edison Flores; Paolo Guerrero.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini