nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hajar Qatar, Argentina Melenggang ke Perempatfinal Copa America 2019

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 04:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 24 51 2070009 hajar-qatar-argentina-melenggang-ke-perempatfinal-copa-america-2019-8xAbyz5HCz.jpg Qatar vs Argentina (Foto: Twitter Timnas Argentina)

PORTO ALEGRE – Tim nasional (Timnas) Argentina melakoni laga pamungkas Grup B Copa America 2019 dengan menghadapi Qatar di Arena do Gremio, Senin (24/6/2019) dini hari WIB. Tampil menekan, Timnas Argentina mampu menutup pertandingan ini dengan keunggulan 2-0 atas Qatar.

Dengan kemenangan ini, Timnas Argentina pun berhasil lolos ke babak perempatfinal Copa America 2019 dengan status runner-up. Sementara bagi Qatar, kekalahan tersebut membuat petualangan mereka di Copa America 2019 dipastikan berakhir prematur.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Argentina yang butuh kemenangan untuk menjaga peluang mereka lolos ke babak perempatfinal Copa America 2019 langsung tampil menekan sejak babak pertama dimulai. Timnas Argentina bahkan hampir membuka keunggulan di menit kedua via peluang emas dari Sergio Aguero, namun kansnya belum membuahkan hasil.

Timnas Argentina akhirnya membuka keunggulan atas Qatar tepatnya di menit keempat laga ini. Adalah Lautaro Martinez yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan blunder pemain bertahan Qatar, Martinez melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi oleh Saad Al Sheeb.

Unggul cepat membuat Timnas Argentina semakin nyaman untuk bisa terus menekan pertahanan Qatar. Timnas Argentina nyaris menambah keunggulan jika saja peluang emas yang didapat oleh Lionel Messi tak digagalkan bek Qatar.

Timnas Argentina melawan Qatar di matchday ketiga Grup B Copa America 2019

Tidak ingin terus-terusan ditekan, Qatar coba keluar menyerang. Memanfaatkan strategi serangan balik, Qatar hampir menyamakan kedudukan dari aksi Karim Boudiaf. Memaksimalkan sodoran dari Abdelaziz Hatim, Boudiaf lalu menyambutnya dengan sepakan. Tapi tembakan Boudiaf belum tepat sasaran.

Memasuki 15 menit jelang turun minum, Timnas Argentina kembali memiliki peluang emas untuk jadi gol kedua mereka di laga ini. Kali ini giliran Giovani Lo Celso yang membuat barisan belakang Qatar kerepotan. Tapi tembakan kerasnya sebagai penutup aksinya itu masih belum sempurna.

Hingga 45 menit pertama pertandingan Timnas Argentina kontra Qatar berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta. La Albiceleste –julukan Timnas Argentina– untuk sementara unggul 1-0 atas Qatar pada paruh pertama laga ini.

Babak Kedua

Sadar tengah tertinggal satu gol, membuat Qatar langsung mengambil inisiatif menyerang pada awal-awal babak kedua laga kontra Timnas Argentina. Qatar pun nyaris menyamakan kedudukan jika sepakan bebas Pedro Miguel tidak mampu diamankan oleh Franco Armani.

Tidak berselang lama, Qatar kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa membuat kedudukan kembali seimbang. Memanfaatkan umpan matang dari Salem Al Hajri, Akram Afif lalu menyambutnya dengan sundulan. Tapi bola hasil tandukkannya itu masih menyamping di sisi kiri gawang Armani.

Timnas Argentina benar-benar dibuat kerepotan dengan gaya bermain cepat yang diperagakan oleh Qatar pada babak kedua laga ini. Hal itu memaksa hampir seluruh pemain Timnas Argentina turun setengah lapangan guna memperketat lini pertahanan mereka dari serangan Qatar.

Timnas Argentina melawan Qatar di matchday ketiga Grup B Copa America 2019

Ketika laga menyisahkan 20 menit lagi, Qatar kembali membuang peluang mereka untuk bisa menyamakan kedudukan. Sepakan Afif dari dalam kotak penalti Timnas Argentina masih dengan mudah diantisipasi oleh Armani.

Pada menit ke-76, Lionel Scaloni coba membuat penyegaran di tim asuhannya dengan memasukkan Paulo Dybala menggantikan Martinez. Masuknya Dybala memberikan warna baru dalam serangan Timnas Argentina. Meski sejumlah kans itu masih bisa dipatahkan barisan belakang Qatar.

Berjarak enam menit, Timnas Argentina akhirnya mampu memperbesar keunggulannya atas Qatar jadi 2-0 via gol dari Aguero. Memaksimalkan sodoran dari Dybala, Aguero lalu melepaskan tembakan terukur yang tak mampu digapai oleh Al Sheeb.

Hingga peluit panjang bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Timnas Argentina pun berhasil memenangkan pertandingan melawan kontra Qatar dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain

Qatar (3-5-2): Saad Al Sheeb; Bassam Al Rawi, Boualem Khoukhi, Tarek Salman; Pedro Miguel (Ismaeil 85’), Hassal Al Haydos, Salem Al Hajri (Abdulsalam 82’), Abdelaziz Hatim, Karim Boudiaf; Akram Afif, Almoez Ali.

Pelatih: Felix Sanchez

Argentina (4-3-3): Franco Armani; Renzo Saravia, Juan Foyth (Pezzella 85’), Nicolas Otamendi, Nico Tagliafico; Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso (Acuna 57’); Lionel Messi, Lautaro Martinez (Dybala 76’), Sergio Aguero.

Pelatih: Lionel Scaloni

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini