nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sarri Ungkap Penyebab Rapuhnya Pertahanan Chelsea Adalah Hazard

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 13:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 21 45 2069115 sarri-ungkap-penyebab-rapuhnya-pertahanan-chelsea-adalah-hazard-yfet9du5dT.jpg Eden Hazard dan Maurizio Sarri (Foto: Reuters)

TURIN – Pelatih anyar Juventus, Maurizio Sarri, merupakan juru taktik yang identik menggunakan formasi 4-3-3. Kala menangani Napoli dan Chelsea, Sarri selalu menggunakan formasi tersebut sebagai andalannya. Meski begitu, Sarri tak mau jika penerapan sistemnya di Napoli dan Chelsea disamakan.

Sarri menjelaskan bahwa ada penerapan yang berbeda meski menggunakan formasi yang sama. Pasalnya, pelatih berpaspor Italia itu mencoba menyesuaikan formasi yang akan digunakannya dengan komposisi skuad yang dimiliki.

(Baca juga: Detail Pertemuan Maurizio Sarri dan Cristiano Ronaldo di Yunani)

Maurizio Sarri dan Jorginho saat berlatih di Chelsea

Adapun salah satu faktor yang membedakan itu adalah karena keberadaan Eden Hazard di Chelsea. Sarri tidak memungkiri bahwa Hazard adalah pemain yang luar biasa dan bisa tampil sebagai pembeda. Akan tetapi, bermain dengan menyesuaikan karakteristik Hazard memiliki risiko, yakni rapuhnya sektor pertahanan.

“Anda tidak dapat memulai dengan sistem dan mendepak pemain atau membawa mereka (ke klub). Kami harus mengidentifikasi dua atau tiga pemain yang dapat membuat perbedaan. Langkah ketiga adalah berbicara dengan para pemain, mendengarkan mereka dan kemudian melihat sistem apa yang bisa digunakan,” jelas Sarri, menyadur dari Football Italia, Jumat (21/6/2019).

"Dalam beberapa tahun terakhir, saya sudah menerapkan 4-3-3. Akan tetapi, 4-3-3 di Chelsea sangat berbeda dengan yang ada di Napoli. Kami harus mengakomodasi karakteristik Hazard, karena ia bisa mengubah permainan, namun juga kehadirannya menyebabkan masalah dalam pertahan, yang membuat kami harus membenahinya,” lanjut Sarri.

Eden Hazard saat masih membela Chelsea

Di Juventus, Sarri juga rencananya akan menerapkan formasi yang sama. Hal itu sebenarnya didukung dengan komposisi skuad Juve yang punya banyak winger dan gelandang. Akan tetapi, Sarri akan menyesuaikan sistem yang bakal diterapkannya dengan karakteristik skuad Bianconeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini