nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Bintang Barcelona Alami Penurunan Harga, Nomor 3 Paling Kentara

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 19 51 2068179 5-pemain-bintang-barcelona-alami-penurunan-harga-nomor-3-paling-kentara-2ehe1PVUWK.jpeg Barcelona (Foto: Reuters)

BARCELONA mengalami nasib kurang bagus di musim kompetisi 2018-2019 kemarin. Blaugrana –julukan Barcelona yang awalnya digadang-gadang berpeluang meraih treble jurstru hanya mampu meraih satu gelar juara di akhir musim.

Hal itu setelah mereka bermain buruk di ajang Liga Champions dan ajang Copa Del Rey. Di kompetisi Liga Champions, Barca yang sudah unggul 3-0 atas Liverpool di semifinal leg pertama gagal kembali menunjukkan performa terbaik mereka saat bertandang ke Anfield di leg kedua. Lionel Messi dan rekan-rekan dipaksa takluk 0-4 dari pasukan Jurgen Klopp yang sekaligus menghentikan langkah mereka di semifinal.

Kekalahan dari Liverpool membuat skuad Barca berada dalam situasi sulit. Hasil negatif pun berlanjut saat mereka menghadapi Valencia di final Copa Del Rey 2018-2019. Barca yang di atas kertas lebih unggul ketimbang sang lawan justru kalah tipis 1-2 dari Valencia.Kondisi ini membuat pasukan Ernesto Valverde harus puas hanya meraih satu gelar juara di akhir musim, yakni Liga Spanyol 2018-2019.

Performa buruk di pengujung musim serta inkonsisten yang ditunjukkan Barca berdampak cukup besar, salah satunya adalah harga pemain mereka pada bursa transfer musim panas 2019 ini. Beberapa penggawa mereka tercatat mengalami penurunan harga yang cukup signifikan.

Melansir dari laman Sportskeeda, berikut lima pemain Barcelona yang mengalami penurunan harga pada bursa transfer musim panas 2018-2019.

5. Sergio Busquets

Sergio Busquets

Busquets menjadi salah satu sosok penting bagi skuad Barcelona setelah Lionel Messi. Meski tidak terlalu terlihat, perannya di lini sentral tim sangat berpengaruh bagi permainan Barca di lapangan. Sepanjang musim 2018-2019 kemarin juga pemain asal Spanyol itu tampil cukup baik dan kerap menjadi pilihan utama Valverde untuk mengisi skuad utama.

Akan tetapi, terlepas dari konsistensi dan kinerja yang baik, nilai pasar Busquets diketahui menurun dalam 12 bulan terakhir. Sejak 1 Juni 2018, nilai pemain Spanyol itu telah turun dari € 80 juta (1,2 triliun ruoiah) menjadi € 50 juta atau sekira 790 miliar rupiah. Angka tersebut menunjukkan kalau harga sang pemain mengalami penurunan hingga 37,5%. Salah satu faktor utamanya adalah usia sang pemain yang sudah tidak lagi muda, yakni 31 tahun.

4. Luis Suarez

 Luis Suarez

Suarez adalah pemain Barcelona lain yang menunjukkan tanda-tanda penurunan seiring bertambahnya usia. Meskipun ia mencetak 21 gol di LaLiga musim ini, penggawa berpaspor Uruguay itu hanya mencetak sebiji gol dalam 10 penampilan Liga Champions 2018-2019 kemarin.

Sang pemain pun dianggap tak lagi setajam dulu lagi, hal i ni membuat nilai pasarnya turun sebesar 28% dari € 70 juta atau sekira 1,1 triliun menjadi € 50 juta (789 miliar rupiah).

3. Arturo Vidal

Arturo Vidal

Barcelona membuat langkah mengjejutkan dengan mendatangkan Arturo Vidal dari Bayern Munich pada bursa transfer musim panas lalu. Hal ini mereka lakukan untuk memperkuat lini tengah menyusul kepergian Paulinho dan Andres Iniesta. Sayang, Vidal tak langsung nyetel dengan skuad Barca.

Dalam 33 penampilan bersama Barca di kompetisi Liga Spanyol musim lalu, Vidal hanya mencetak tiga gol dan membuat tujuh assist. Kurangnya kontribusi di lapangan lantas berpengaruh pada harga jual Vidal pada bursa transfer musim panas ini. Vidal bahkan menjadi salah satu pemain Barca yang mengalami penurunan harga pasar paling signifikan yakni sebesar 57,1%. Nilai pasanya turun dari € 35 juta (558 miliar) menjadi € 15 juta atau sekira 239 miliar rupiah.


2. Samuel Umtiti

Samuel Umtiti

Umtiti memiliki kampanye menyedihkan sepanjang 2018-2019 bersama Barcelona. Setelah dua musim dilaluinya dengan cukup baik serta ditutup dengan mengantarkan Timnas Prancis menjadi kampiun di Piala Dunia 2018, Umtiti justru mengalami nasib kurang baik sepanjang musim kemarin.

Cedera membuat eks penggawa Olympique Lyon itu tidak mampu berkontribusi banyak untuk skuad Ernesto Valverde. Hanya mampu tampil sebanyak 14 kali, posisinya di skuad utama pun perlahan tergeser oleh Clement Lenglet. Kondisi ini otomatis berpengaruh pada nilai pasarnya pada bursa transfer musim panas ini. Umtiti hanya dihargai € 45 juta atau sekira 718 miliar rupiah. Angka tersebut diketahui turun sebesar 25% dari Juni 2018 kemarin.


1. Gerard Pique

Gerard Pique

Sosok yang selalu hadir di lini belakang Barcelona musim lalu, Gerard Pique menikmati salah satu musim terbaiknya di Camp Nou. Statistiknya untuk musim 2018/19 luar biasa dan dia konsisten sepanjang pertandingan. Suami dari penyanyi terkenal, Shakira itu menjadi pemain bertahan Barcelona yang paling jarang dilewati lawan dengan catatan 0,4 kali per game dan memiliki rata-rata lebih dari empat clearance per game di kompetisi Liga Spanyol.

Sayang, meski menunjukkan performa gemilang, nilainya di pasar mengalami penurunan karena dianggap tak mampu mendongkrak prestasi Blaugrana musim kemarin. Selain alasan tersebut, faktor usia juga menjadi salah satu penyebabnya. Pique yang saat ini berusia 32 tahun diprediksi tak akan bertahan untuk waktu yang lama di Barca. Nilai pasanya turun dari 50 juta euro atau sekira 790 miliar rupiah menjadi 558 miliar rupiah.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini