nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Pelatih Lebih Pilih Kepa ketimbang De Gea Jaga Gawang Spanyol

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 01:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 13 51 2065866 alasan-pelatih-lebih-pilih-kepa-ketimbang-de-gea-jaga-gawang-spanyol-Rl2ziYSrub.jpg David De Gea (Foto: AFP)

MADRID – Perubahan cukup mengejutkan terjadi dalam starting XI Timnas Spanyol. Pasalnya, David De Gea yang selama ini selalu dipercaya menjadi penjaga gawang utama La Furia Roja, kini malah dicadangkan. Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, sekarang lebih mempercayakan posisi tersebut kepada Kepa Arrizabalaga.

Dalam dua pertandingan terakhir Timnas Spanyol, yakni menghadapi Kepulauan Faroe dan Swedia, Kepa selalu ditunjuk menjadi starter dan bermain hingga laga usai. Pada laga melawan Kepulauan Faroe, Spanyol menang 3-1. Sedangkan saat menghadapi Swedia, Kepa berhasil clean-sheet dan membantu Spanyol menang 4-0.

(Baca juga: Cetak Gol untuk Timnas Spanyol, Ramos dan Navas Dedikasikan kepada Reyes)

Timnas Spanyol

Asisten Pelatih Timnas Spanyol, Robert Moreno, menjelaskan alasan dipilihnya Kepa sebagai starter adalah karena performa kiper termahal di dunia itu lebih menjanjikan belakangan ini. Kepa berhasil membantu Chelsea menjuarai Liga Eropa 2018-2019 dan finis di empat besar klasemen akhir Liga Inggris.

Sementara itu, De Gea kerap melakukan blunder dan banyak mengalami kebobolan di Manchester United. Di musim kompetisi Liga Inggris 2018-2019, De Gea kebobolan sebanyak 54 kali. Jumlah itu 26 kali lebih banyak ketimbang musim 2017-2018. Meski begitu, Moreno menerangkan kalau karier De Gea bersama Timnas Spanyol belum usai.

“Kami tidak berpikir periode De Gea dengan Spanyol sudah berakhir. Tapi, Kepa memiliki akhir musim yang luar biasa - juara Liga Eropa dengan penampilan luar biasa. Pada saat yang konkret ini, kami berpikir bahwa Kepa dapat membantu kami dengan cara yang lebih baik. Kompetisi sudah dimulai,” jelas Moreno, mengutip dari Squawka, Kamis (13/6/2019).

Kepa Arrizabalaga

“Ketika Anda memiliki sesuatu yang mudah, Anda menjadi santai, dan itu tidak baik. Daya saing (antara De Gea dengan Kepa) juga baik dalam hal ini. Kami sudah menyaksikan Kepa bermain cukup baik di Liga Eropa, jadi Anda sudah bisa menebak dia dalam kondisi yang baik. Tapi kami harus memeriksanya di tim,” tandas Moreno.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini