nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penggagas Liga Champions Meninggal Dunia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 15:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 05 261 2063891 penggagas-liga-champions-meninggal-dunia-sTrOSEDg1y.jpg Jasa besar Lennart Johansson semasa menjadi Presiden UEFA adalah membidani lahirnya Liga Champions (Foto: Getty Images)

STOCKHOLM – Dunia sepakbola kembali berduka. Mantan Presiden Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), Lennart Johansson, meninggal dunia pada usia 89 tahun di Swedia. Ia diketahui sebagai penggagas lahirnya kompetisi Liga Champions dengan format baru pada awal dekade 1990.

Lennart Johansson terpilih sebagai Presiden UEFA dalam Kongres di Malta pada 1990. Selain berjasa menginisiasi Liga Champions, pria kelahiran Bromma 5 November 1929 itu juga sukses mengubah UEFA dari sekadar badan administratif, menjadi organisasi olahraga yang dinamis.

Atas jasa besarnya tersebut, Lennart Johansson mendapat dianugerahi Presiden Kehormatan UEFA pada Kongres di Dusseldorf, Jerman, Januari 2007. Ia selalu bangga dengan keputusan-keputusan yang diambil serta kontribusinya dalam membesarkan dunia sepakbola yang dicintainya tersebut.

Juara teranyar Liga Champions, Liverpool (Foto: UEFA)

(Baca juga: UEFA Pastikan Penggunaan VAR di Putaran Final Nations League)

Presiden UEFA saat ini, Aleksandar Ceferin, menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. Ia menyebut pendahulunya tersebut sebagai seorang pelayan terbaik sepakbola yang akan selalu diingat sebagai pemimpin bervisi tajam.

“UEFA dan sepakbola Eropa sangat berduka mendengar kabar Lennart Johansonn meninggal dunia. Saya menyampaikan duka cita mendalam bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan, juga kepada Asosiasi Sepakbola Swedia,” ujar Aleksandar Ceferin, dalam keterangan pers di situs resmi UEFA, Rabu (5/6/2019).

“Beliau adalah seorang pecinta dan pelayan terbaik sepakbola, yang menjadikan gairah terhadap sepakbola sebagai inti kehidupan. Dia akan selalu diingat sebagai pemimpin yang visioner, dan arsitek Liga Champions, dan dunia sepakbola akan selalu bersyukur atas kontribusinya,” imbuh pria berusia 51 tahun tersebut.

Lennart Johansson meninggal dunia di usia 89 tahun (Foto: UEFA)

Untuk mengenang jasa-jasa Lennart Johansson, semua pertandingan sepakbola yang berada di bawah naungan UEFA pada pekan ini akan didahului dengan mengheningkan cipta. Semua pemain juga akan memakai ban hitam sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden Kehormatan UEFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini