nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UEFA Pastikan Penggunaan VAR di Putaran Final Nations League

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 02:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 03 51 2063475 uefa-pastikan-penggunaan-var-di-putaran-final-nations-league-gSP8hDv8dp.jpg Putaran Final UEFA Nations League akan melibatkan penggunaan VAR (Foto: UEFA)

NYON – Federasi Sepakbola Eropa, UEFA, memastikan teknologi Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan pada putaran Final UEFA Nations League A, 6-10 Juni 2019, di Portugal. Penggunaan VAR tersebut disambut baik oleh para pelatih dari empat Tim Nasional (Timnas) yang akan berlaga.

Dalam situs resminya, UEFA bangga atas suksesnya penggunaan VAR di babak gugur hingga Final Liga Champions 2018-2019 serta Final Liga Eropa. Karena itu, kesuksesan tersebut akan coba ditularkan ke putaran Final UEFA Nations League A yang melibatkan Timnas Portugal, Inggris, Swiss, dan Belanda.

Pengarahan tentang penggunaan VAR tersebut sudah dilakukan pada April 2019 di bawah pengawasan Kepala Perwasitan UEFA, Roberto Rosetti, yang juga diikuti pelatih kepala empat tim finalis. Inisiatif itu lantas mendapat tanggapan positif dari empat pelatih tersebut.

UEFA menggelar pelatihan VAR (Foto: UEFA)

(Baca juga: Gareth Southgate Bertekad Akhiri Puasa Trofi Timnas Inggris)

“VAR sangat baik untuk membantu membuat sepakbola lebih adil dan mengoreksi sebagian kesalahan pengambilan keputusan. Tentu saja itu hal yang bagus. Bagaimana pun juga kita harus sadar diskusi akan selalu ada karena perbedaan interpretasi,” tutur Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman, disitat dari situs resmi UEFA, Selasa (4/6/2019).

“Saya sangat positif untuk penggunaan VAR. Jika kita punya bantuan teknis untuk mendukung kerja wasit, maka kita harus menggunakannya dengan sebaik mungkin. Namun, penting juga untuk diingat bahwa pengambilan keputusan tetap dilakukan oleh manusia, bukan mesin,” ucap Pelatih Timnas Swiss Vladimir Petkovic.

Vladimir Petkovic, Fernando Santos, Gareth Southgate, dan Ronald Koeman ikut pengarahan tentang VAR (Foto: UEFA)

“Saya yakin penggunaan VAR di UEFA Nations League merupakan langkah maju bagi semua orang yang mencintai sepakbola dan fair play. VAR adalah perangkat yang fantastis untuk semua wasit, pemain, dan pelatih, dan seharusnya dipakai di seluruh kompetisi di bawah naungan UEFA,” kata Pelatih Timnas Portugal Fernando Santos.

“Saya punya pengalaman yang positif di Piala Dunia 2018 dengan VAR. Tujuan utama penggunaan VAR adalah untuk membantu wasit yang tentu saja sangat menolong. Anda tidak akan pernah mendapat sistem yang 100% aman dari kegagalan, tetapi keputusan penting dapat diperbaiki. Buat saya, itu positif,” tukas Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini