nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Sosok Ini Buat Pertahanan Liverpool Amat Tangguh

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 04:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 04 45 2063804 4-sosok-ini-buat-pertahanan-liverpool-amat-tangguh-t3npBU0PDy.jpg Liverpool (Foto: UEFA)

LIVERPOOL – Eks Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, mengakui kehebatan Liverpool yang menjadi jawara Liga Champions 2018-2019. Mourinho pun tahu kunci keberhasilan Liverpool dalam merengkuh gelar juara Liga Champions keenam mereka sepanjang sejarah pada musim ini.

Mourinho menyebut pertahanan yang kukuh menjadi kunci keberhasilan The Reds –julukan Liverpool– menjadi yang terbaik di Benua Eropa. Pertahanan Liverpool meningkat drastis pada musim ini karena kerja keras dari empat sosok penting.

Andy Robertson, Virgil van Dijk dan Trent Alexander-Arnold (Foto: Laman resmi Liverpool)

Empat pemain yang dimaksud Mourinho ialah Alisson Becker, Virgil van Dijk, Andy Robertson dan Trent Alexander-Arnold. Alisson jadi serpihan puzzle terakhir Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, untuk mengukuhkan pertahanan tim asuhannya.

BACA JUGA: Ambisi Van Dijk Bawa Liverpool Kalahkan Man City Musim Depan

Alisson berperan besar untuk mengamankan gawang Liverpool dari kebobolan. Aksi-aksinya membuat Liverpool jadi tim dengan jumlah kebobolan gol paling sedikit di Liga Inggris musim ini. Liverpool hanya kebobolan 22 gol di Liga Inggris musim ini.

Sementara itu, Robertson dan Trent memegang peranan penting untuk membuat sisi kiri dan kanan Liverpool tak mudah ditembus. Selain itu, mereka pun amat rajin memberikan asisist musim ini. Robertson membuat 13 assist sedangkan Trent menciptakan 15 assist.

Pemain terakhir yang dinilai Mourinho amat penting di pertahanan Liverpool musim ini adalah Virgil van Dijk. Mourinho bahkan menyebut Van Dijk sebagai raja di pertahanan Liverpool.

Alisson Becker (Foto: Reuters)

“Saya akan memulai dari Alisson, terutama karena pada hari Sabtu (di final Liga Champions) dia ada di sana ketika dibutuhkan. Kedua bek sayap juga dimiliki Liverpool, pemain luar biasa, (Trent) Alexander-Arnold dan Robertson. Karakter dan kepribadian yang luar biasa,” ujar Mourinho, seperti yang dikutip dari The Sport Review, Rabu (5/6/2019).

“Satu (Trent) adalah anak laki-laki lokal, (Robertson) lainnya adalah anak lelaki Skotlandia yang beberapa tahun lalu degradasi dengan Hull City. Mereka secara fisik bagus, mereka agresif, mereka yang saya sebut dalam sepakbola ‘kesombongan yang baik,’ mereka tak takut bermain, mereka maju, mereka berpartisipasi dalam serangan,” sambung Mourinho.

”Dan bahkan dalam laga Sabtu yang penuh tekanan, Mereka sangat, sangat baik. Van Dijk adalah seorang raja, dia adalah kepribadian yang besar. Secara positif, pemain top, amat top,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini