nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gagal Bawa Barcelona Juara Copa del Rey, Valverde Dibela Bartomeu

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 26 Mei 2019 10:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 26 46 2060479 gagal-bawa-barcelona-juara-copa-del-rey-valverde-dibela-bartomeu-5dqlqUBSkw.jpg Ernesto Valverde. (Foto: Sportskeeda)

SEVILLA Barcelona harus mengubur impiannya untuk merebut gelar juara Copa del Rey 2018-2019. Kondisi ini tentu saja mengundang kritik tajam untuk sang pelatih, Ernesto Valverde. Tetapi, hal yang berbeda justru dilakukan oleh Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Ia membentengi Valverde dan membelanya di hadapan publik.

Mimpi Barcelona untuk menggandakan gelar juaranya musim ini harus sirna setelah takluk dari Valencia di laga pamungkas yang berlangsung di Estadio Benito Villamarin, Minggu (26/5/2019) dini hari WIB. Laga berakhir dengan kemenangan Valencia 2-1.

Para pemain Barcelona

Hasil ini tentu saja sangat disayangkan banyak pihak karena Barcelona sendiri lebih diunggulkan pada laga tersebut. Kegagalan tersebut pun membuat publik meyakini masa depan Valverde bakal terancam di Barcelona.

BACA JUGA: Gagal Juarai Copa del Rey Musim Ini, Pique: Rasanya Pahit

Tetapi, Bartomeu menegaskan bahwa Valverde masih bakal tetap berada di Barcelona pada musim depan. Ia juga mengaku tak sepenuhnya kecewa dengan hasil tersebut. Barcelona dinilai telah melakukan langkah besar karena bisa meloloskan diri ke babak final Copa del Rey.

Penampilan Lionel Messi dan kawan-kawan pun dinilai Bartomeu tak buruk pada laga tersebut. Hanya saja, keberuntungan tak berpihak kepada Barcelona sehingga Valencia dinyatakan keluar sebagai jawara lewat gol Kevin Gameiro (21’) dan Rodrigo (33’).

Ernesto Valverde

"Kami selalu mengatakan bahwa Ernesto (Valverde) memiliki kontrak untuk musim depan di Barcelona. Saya tidak berpikir dia pelakunya (kegagalan Barcelona segel gelar juara Copa del Rey). Kami memiliki banyak peluang, tetapi tidak menemukan jalan. Tetapi, hasil dihitung berdasarkan gol dan Valencia mencetak satu gol lebih banyak dari kami,” ujar Bartomeu, sebagaimana dikutip dari Goal, Minggu (26/5/2019).

"Pelatih selalu berusaha membalikkan keadaan. Jika saya diberi pilihan antara jatuh di final atau di perempatfinal atau di 16 besar, saya lebih suka di final. Sulit untuk menghadapi kegagalan di awal, saya merasa baik meskipun kami semua ingin menang. Apa yang kami inginkan kepada pelatih saat kalah adalah memiliki kesempatan lain, kami ingin bangun pada hari berikutnya. Saya tahu kehilangan itu sulit dan pelatih memiliki tanggung jawab,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini