nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Jadi WNI, Nasib Fabiano Beltrame Ngambang di Persib

CDB Yudistira, Jurnalis · Minggu 12 Mei 2019 00:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 12 49 2054554 belum-jadi-wni-nasib-fabiano-beltrame-ngambang-di-persib-VC7WPYTNxj.jpg Fabiano Beltrame (Foto: Okezone/CDB Yudistira)

Bandung - Fabiano Beltrame sudah resmi jadi bagian Persib Bandung beberapa waktu lalu. Ia pun turut diperkenalkan dalam peluncuran tim Persib untuk kompetisi Liga 1 2019 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Sabtu 11 Mei 2019.

Tapi, nasib Fabiano ternyata mengambang. Sebab, ia masih berstatus sebagai pemain asing. Itu karena proses naturalisasi pemain asal Brasil tersebut tak kunjung rampung hingga kini.

Di Persib, saat ini sudah ada Ezechiel Ndouassel, Bojan Malisic, dan Rene Mihelic yang merupakan pemain asing. Sedangkan pemain Asia ada nama Artur Gevorkyan, pemain asal Turkmenistan. Itu membuat slot pemain asing Persib habis.

Fabiano sendiri direkrut Persib karena sedang menempuh proses naturalisasi. Sehingga, saat naturalisasinya belum selesai dan slot pemain asing sudah terisi, nasib Fabiano kini mengambang.

Sebab, proses pendaftaran pemain asing sudah ditutup. Tapi, Fabiano masih bisa didaftarkan dalam beberapa hari ke depan jika sudah sah menjadi WNI.

BACA JUGA: Pelatih Persib Tetap Puas meski Timnya Tersingkir dari Kratingdaeng Piala Indonesia 2018

Manajer Umuh Muchtar mengaku saat ini masih menunggu perkembangan proses naturalisasi Fabiano. Harapannya, Fabiano segera menyandang status WNI agar bisa didaftarkan Persib sebagai pemain lokal.

"Masalah Fabiano kita nunggu dulu ya keputusannya sampai di mana," kata Umuh.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahyono mengatakan bakal menunggu hingga 22 Mei mendatang soal proses naturalisasi Fabiano. Jika ternyata tak kunjung selesai, maka Fabiano akan disimpan.

"Kalau tanggal 22 belum dapat naturalisasi, ya enggak bisa didaftarkan (ke jadi pemain Persib ke PSSI). Dia paling masih disimpan untuk putaran kedua," jelas Teddy.

Persib sendiri rencananya akan mendaftarkan 31 pemain ke PSSI. Tapi, jika status WNI Fabiano didapat setelah 22 Mei, Persib hanya akan mendaftarkan 30 pemain.

Fabiano sendiri sudah tidak sabar menunggu sah menjadi WNI. Ia bahkan sudah belajar lagu Indonesia Raya untuk melengkapi sumpahnya nanti. Ia pun berharap proses naturalisasinya segera rampung.

"Semoga surat (sah menjadi WNI) itu keluar dan saya bisa main untuk Persib," ungkap Fabiano.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini