nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penjaga Gawang Termahal di Dunia saat Ini

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 29 April 2019 19:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 29 51 2049536 5-penjaga-gawang-termahal-di-dunia-saat-ini-YpiMyFG7kf.jpg David De Gea (Foto: Media Man United)

SEIRING berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, harga pesepakbola tak bisa dimungkiri semakin lama semakin tinggi. Dewasa ini, pesepakbola yang dihargai mahal bukan hanya mereka yang berposisi sebagai penyerang saja, namun para penjaga gawang juga mengalami lonjakan nilai jual yang terbilang luar biasa.

Harga tinggi yang disematkan kepada para penjaga gawang tersebut tentunya dibarengi dengan performa apik mereka di atas lapangan. Berikut adalah lima penjaga gawang termahal yang ada di dunia saat ini.

5. Alisson Becker (65 juta euro)

Alisson Becker

Saat ini penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker, ditaksir memiliki nilai jual sebesar 65 juta euro atau sekira Rp1 triliun. Meski belum genap tiga tahun berkarier di Eropa, namun penjaga gawang asal Brasil itu telah membuktikan diri kalau dirinya pantas menyandang status sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Sebagai seorang penjaga gawang, Alisson tidak hanya piawai dalam mengamankan bola dan menggagalkan peluang. Akan tetapi, penjaga gawang 26 tahun itu juga memiliki pergerakan yang bagus pada bola dengan menggunakan kakinya. Selain itu, Alisson juga dapat diandalkan dalam mendistribusikan bola dari belakang, yang kemudian memicu serangan Liverpool.

4. Thibaut Courtois (65 juta euro)

Thibaut Courtois

Sama halnya dengan Alisson, penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois, saat ini juga ditaksir memiliki nilai jual 65 juta euro atau sekira Rp1 triliun. Meski bisa dibilang musim kompetisi 2018-2019 bukanlah musim terbaiknya, namun kemampuan Courtois dalam mengawal gawang tetap diacungi jempol.

Sepanjang berkarier sebagai pesepakbola profesional, Courtois sejatinya telah memenangkan berbagai macam penghargaan. Ia pernah terpilih sebagai penjaga gawang terbaik dalam semusim di dua klub dan liga yang berbeda. Selain itu, Courtois juga merupakan peraih Golden Glove di turnamen Piala Dunia 2018 kala mengawal gawang Timnas Belgia.

3. David De Gea (70 juta euro)

David De Gea

Sepanjang musim kompetisi Liga Inggris 2018-2019 gawang Manchester United yang dikawal oleh David De Gea memang telah bobol sebanyak lebih dari 50 kali. Kendati demikian, hal itu tetap tak mengubah pandangan orang tentang hebatnya kemampuan yang dimiliki oleh De Gea.

Penjaga gawang asal Spanyol itu tetap mendapat pengakuan sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Kalaupun De Gea di musim ini mengalami banyak kebobolan, hal itu dinilai karena kesalahan para pemain bertahan Man United yang tidak bisa tampil solid sehingga merugikan si penjaga gawang. Adapun nilai jual De Gea saat ini ditaksir berada di angka 70 juta euro atau sekira Rp1,1 triliun.

2. Marc Andre Ter Stegen (80 juta euro)

Marc Andre Ter Stegen

Barcelona merupakan tim yang selama ini dikenal memiliki lini penyerangan mematikan. Kendati begitu, kesuksesan Barca tentunya tak akan tercipta tanpa adanya pertahanan yang solid. Adapun salah satu pemain yang krusial bagi pertahanan Blaugrana adalah penjaga gawang mereka, Marc Andre Ter Stegen.

Meski di Timnas Jerman Ter Stegen masih belum mendapat kepercayaan untuk menggeser Manuel Neuer sebagai penjaga gawang utama, namun di Barca ia telah menjadi sosok yang tak tergantikan. Bahkan, dewasa ini banyak pihak justru menganggap kalau Ter Stegen memiliki kemampuan yang lebih baik dari Neuer. Saat ini Ter Stegen ditaksir memiliki nilai jual 80 juta euro atau sekira Rp1,26 triliun.

1. Jan Oblak (80 juta euro)

Jan Oblak

Sama halnya dengan Ter Stegen, penjaga gawang Atletico Madrid, Jan Oblak, juga memiliki nilai jual 80 juta euro atau sekira Rp1,26 triliun. Meski Atletico masih belum bisa menyaingi laju Barcelona dalam perebutan gelar juara Liga Spanyol, namun Oblak telah mendapat pengakuan sebagai penjaga gawang terbaik di liga.

Dengan berbagai penyelamatan gemilang yang cukup sering dipertontonkannya, Oblak berhasil mengantarkan Atletico menjadi tim yang paling sedikit mengalami kebobolan di Liga Spanyol sepanjang musim ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini