nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tottenham Hotspur Singkirkan Man City Secara Dramatis

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 04:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 18 261 2044980 tottenham-hotspur-singkirkan-man-city-secara-dramatis-IX9miiExLz.jpg Tottenham Hotspur sukses menyingkirkan Man City dari Liga Champions 2018-2019 (Foto: Champions League/Twitter)

MANCHESTER – Tottenham Hotspur sukses menjegal ambisi Manchester City mencatatkan quadruple winners dengan menyingkirkan mereka dari Perempatfinal Liga Champions 2018-2019, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB. Laga leg kedua yang digelar di Stadion Etihad berakhir dengan skor 4-3 bagi keunggulan tuan rumah. Agregat imbang menjadi 4-4, tetapi Spurs unggul jumlah gol tandang.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tempo pertandingan sedikit lambat di awal-awal babak pertama. Akan tetapi, gol Raheem Sterling di menit keempat mengubah jalannya laga. Tembakan melengkung dari dalam kotak penalti yang dilepaskan winger berkebangsaan Inggris itu sukses merobek jala gawang Hugo Lloris.

Selang tiga menit kemudian, Son Heung-min menyamakan skor menjadi 1-1. Tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan pemain asal Korea Selatan itu tidak mampu ditahan oleh Ederson. Pria yang dijuluki Sonaldo itu kembali menjadi mimpi buruk bagi The Citizens dengan gol keduanya di menit ke-10.

(Baca juga: 5 Gol Warnai Babak Pertama Man City vs Tottenham Hotspur)

Pertandingan berjalan semakin seru ketika Bernardo Silva menyeimbangkan kedudukan semenit kemudian. Tembakan pemain asal Portugal itu tidak terlalu berbahaya, tetapi membentur kaki Danny Rose sehingga berbelok arah ke gawang.

Raheem Sterling memunculkan harapan buat Man City (Foto: UEFA)

Raheem Sterling menghidupkan peluang Man City untuk lolos dengan gol keduanya di menit ke-21. Pemain asal Inggris itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang tanpa pengawalan di tiang jauh saat menerima umpan silang Kevin de Bruyne. Agregat menjadi imbang 3-3, tetapi Spurs akan melaju berkat aturan gol tandang.

Sadar dalam posisi yang menguntungkan, Tottenham Hotspur mencoba menurunkan tempo permainan sedangkan Man City terus berupaya mencari celah. Son Heung-min hampir mencatatkan hattrick andai tembakannya tidak melenceng di menit ke-43. Skor masih 3-2 untuk keunggulan City saat turun minum.

Babak Kedua

Paruh kedua dibuka dengan lambat. Man City punya peluang mencetak gol penentu di menit ke-49. Raheem Sterling berdiri bebas di kotak penalti, tetapi bola sepakannya ditepis oleh Lloris. Bola muntah tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Bernardo Silva sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang.

Lloris kembali harus berjibaku untuk mengamankan gawangnya di menit 54. Kiper asal Prancis itu mampu menepis tembakan Kevin de Bruyne dari dalam kotak penalti dengan satu tangannya. Si Lili Putih membalas lewat sundulan Fernando Llorente dari jarak dekat, tetapi juga bisa digagalkan Ederson.

Sergio Aguero sempat menghidupkan asa Man City (Foto: Champions League/Twitter)

Sergio Aguero mencetak gol keempat yang mungkin bisa membawa Man City lolos ke Semifinal Liga Champions 2018-2019 di menit ke-59. Tembakan penyerang asal Argentina itu mampu menaklukkan Hugo Lloris di tiang dekat. Skor berubah menjadi 4-2 dan keuntungan beralih ke anak asuh Pep Guardiola.

Sayangnya, Tottenham mencetak gol ketiga mereka di laga tersebut. Fernando Llorente sukses menaklukkan Ederson di menit ke-73. Wasit Cuneyt Cakir sempat berkonsultasi dengan VAR karena ada dugaan handball. Tayang ulang memperlihatkan bola mengenai paha dari penyerang asal Spanyol tersebut sehingga gol disahkan wasit.

Drama sempat terjadi di injury time ketika Raheem Sterling mencetak gol. Akan tetapi, wasit Cuneyt Cakir menganulir gol tersebut karena Sergio Aguero lebih dulu dalam posisi offside sebelum melepas operan ke Raheem Sterling. Skor akhir 4-3, 4-4 secara agregat, membawa Tottenham Hotspur menghadapi Ajax Amsterdam di fase semifinal.

Berikut susunan pemain Man City vs Tottenham Hotspur di Leg II Perempatfinal Liga Champions 2018-2019, Kamis (18/4/2019).

Man City: Ederson Moraes; Kyle Walker, Vincent Kompany, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy (Sane 84’); Kevin de Bruyne, Ilkay Gundogan, David Silva (Fernandinho 63’); Raheem Sterling, Sergio Aguero, Bernardo Silva

Manajer: Josep ‘Pep’ Guardiola

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose (Davinson Sanchez 90’); Moussa Sissoko (Llorente 41’), Victor Wanyama; Dele Alli, Christian Eriksen, Lucas Moura (Davies 82’); Son Heung-min

Pelatih: Mauricio Pochettino

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini