Bangganya Kirgistan Cetak Sejarah Baru di Piala Asia 2019

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 18 51 2006359 bangganya-kirgistan-cetak-sejarah-baru-di-piala-asia-2019-YeDnAFlEcN.jpg Timnas Kirgistan (Foto: Laman resmi AFC)

DUBAI – Striker Tim Nasional (Timnas) Kirgistan, Vitalij Lux, mengaku bangga bisa mengantarkan timnya membuat sejarah baru di Piala Asia 2019. Pasalnya untuk pertama kalinya Kirgistan lolos dari fase grup dan lolos ke 16 besar di ajang empat tahunan itu.

Keberhasilan tersebut lebih terasa spesial karena Kirgistan baru melakoni debut di Piala Asia pada tahun ini. Maka dari itu, banyak sejarah yang mampu mereka buat di penampilan perdananya tersebut. Termasuk kemenangan pertama yang mereka raih di ajang Piala Asia saat menundukkan Filipina 3-1.

Timnas Kirgistan (Foto: Laman resmi AFC)

Hasil tersebut membuat Kirgistan duduk di posisi ketiga klasemen akhir Grup C dengan raihan tiga poin. Pencapain tersebut membuat Kirgistan berhak lolos ke 16 besar dengan status sebagai peringkat ketiga terbaik.

Baca juga Iran Ingin Bungkam Keraguan Publik Sendiri di Piala Asia 2019

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim atas permainan yang bagus. Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kirgistan atas kemenangan yang kami perjuangkan,” ungkap Lux, mengutip dari laman resmi AFC, Jumat (18/1/2019).

Timnas Kirgistan (Foto: Laman resmi AFC)

“Sebelum turnamen dimulai, saya katakan kami mempersiapkan dengan sangat baik untuk turnamen. Kami mencetak gol pertama kami dalam sejarah di Piala Asia dalam pertandingan melawan China. Lalu kami juga memiliki kemenangan pertama,” tambahnya.

Selain itu bagi Lux, ia juga mencatatkan sejarah baru bagi Kirgistan di ajang Piala Asia. Ia menjadi pemain pertama dari Timnas Kirgistan yang berhasil mencetak hattrick di gelaran empat tahun sekali tersebut.

(Bad)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini