nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vietnam, Filipina dan Thailand, Siapa yang Melaju Paling Jauh di Piala Asia 2019?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 14:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 51 2001508 vietnam-filipina-dan-thailand-siapa-yang-melaju-paling-jauh-di-piala-asia-2019-wsEiCQoj6u.jpg Timnas Vietnam salah satu tim unggulan di Piala Asia 2019. (Foto: AFF)

ABU DHABI – Asia Tenggara memiliki tiga wakil di Piala Asia 2019. Mereka ialah Thailand, Filipina dan Vietnam. Thailand tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan India. Sementara Filipina, berada di Grup C bersama Korea Selatan, China dan Kirgisztan.

Vietnam? Tim asuhan Park Hang-seo tergabung di Grup D bersama Iran, Irak dan Yaman. Sekarang yang jadi pertanyaan, dari Thailand, Filipina dan Vietnam, siapa yang paling berpotensi melaju jauh di Piala Asia 2019?

Vietnam vs Filipina

(Vietnam dan Filipina saat bertemu di Piala AFF 2018)

Jika mengacu kepada beberapa faktor, The Golden Stars –julukan Vietnam– memiliki kesempatan paling besar untuk berbicara paling banyak. Sebab dalam kurun satu tahu terakhir, Nguyen Cong Phoung dan kawan-kawan menampilkan performa paling konsisten ketimbang Thailand maupun Filipina.

Dalam satu tahun terakhir, Vietnam menembus final Piala Asia U-23 2018 dan mencapai semifinal Asian Games 2018. Sementara di level ASEAN, Nguyen Van Quyet dan kawan-kawan keluar sebagai kampiun Piala AFF 2018.

BACA JUGA: Jadwal Piala Asia 2019, Selasa 8 Januari

Jika tidak ada aral melintang, Vietnam memiliki kesempatan untuk setidaknya menembus babak semifinal, sesuatu yang sulit dicapai Thailand dan Filipina. Ketika Vietnam tampil kukuh dalam satu tahun terakhir, catatan Thailand dan Filipina tak terlalu istimewa.

Thailand sudah melakoni laga perdana mereka di Piala Asia 2019. Hasilnya di luar dugaan, yang mana mereka takluk 1-4 dari India. Akibat kekalahan tersebut, PSSI-nya Thailand pun memutuskan untuk memecat sang pelatih, Milovan Rajevac.

Timnas Thailand

Sementara The Azkals –julukan Filipina– juga mendapatkan hasil minor di laga perdana mereka. Pada laga semalam, tim asuhan Sven-Goran Eriksson itu tumbang 0-1 dari Korea Selatan (Korsel). Karena itu, jangan heran jika nantinya lagi-lagi Vietnam yang menyelamatkan muka dari persepakbolaan Asia Tenggara.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini